Menyamakan Persepsi dan Penguatan Lembaga, BLP Babel Adakan Rakor

PANGKALPINANG - Biro Layanan Pengadaan Sekretaris Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan Rapat Sinkronisasi Data Informasi Pengadaan Barang/ Jasa dan Rapat Koordinasi UKPBJ Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
Soll Marina Hotel, Selasa (24/09). 

Sejak 2018, Kementrian Dalam Negeri mengeluarkan Permen Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2018 Tentang Pembukaan unit kerja pengadaan barang/ jasa di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/ Kota. Maka dirasa perlu untuk diadakan Rakor ini, agar terlaksana kegiatan-kegiatan pada Pemda dengan persepsi yang sama sekaligus penguatan kelembagaan UKPBJ se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Ketua Panitia, Yazid dalam laporan pelaksanaan kegiatan Rakor ini mengatakan, mengatakan bahwa peserta Rakor setidaknya berjumlah 68 orang yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Babel , BKPSDM dari 7 Kabupaten/ Kota dan UKPBJ dari Kabupaten/ Kota, agar penyamaan persepsi dan penguatan lembaga diketahui dan terlakasana dengan baik se Pemprov Babel.

Sebagai bentuk keseriusannya BLP Babel mendatangkan 2 orang Narasumber berasal dari Direktorat Pengembangan Profesi dan Kelembagaan LKPP RI dan Direktorat Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi Pengadaan LKPP RI. 

Dengan 2 materi, diantaranya Arahan Kebijakan Moderinisasi Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah dan Pengembangan Sistem Pengelolaan Data dan Informasi Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah, diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah pelaksanaan pengadaan barang/ jasa Pemerintah dengan sederhana dan mudah diawasi. 

Selain itu, terjamin pengadaan barang/ jasa lebih terintegritas sesuai dengan tujuan, kebijakan, prinsip dan etika serta efisiensi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Pemda melalui UKPBJ pada setiap Pemerintah Daerah di Babel. 
Sebab UKPBJ didorong menjadi pusat unggulan (Centre of Excellence) agar menunjang keberhasilan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakatnya selain tupoksi-tupoksi lainnya. 

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Babel, Yanuar dalam  sambutannya mengatakan bahwa kehadiran perwakilan dari Pemerintah Daerah Se-Babel dalam Rakor ini, diharapkan tiap perangkat daerah dapat melaksanakan kegiatan pengadaan barang/ jasa dengan lebih jelas dan aman serta meminimalisir semua kendala yang dihadapi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi