MERIAHKAN HUT PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG KE-19, DINAS PANGAN PROVINSI GELAR PANGAN MURAH

Pangkalpinang - Dalam rangka menyambut HUT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tanggal 21 November 2019 mendatang, Dinas Pangan Provinsi menggelar Bazar Pangan Murah. Acara yang diselenggarakan di Alun-Alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang, Sabtu (16/11/2019) ini bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang.

Beragam komoditas pangan yang digelar hari ini antara lain beras, cabe, bawang merah yang diproduksi langsung oleh petani. Ada juga gula, minyak, kecap, rinso, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Penganan dan minuman produksi sendiri, serta banyak lagi komoditas lain hasil dari produsen pangan non PUPM dan distributor pangan.

Dinas Pangan dalam hal ini merangkul TTI (Toko Tani Indonesia) dan TTI-C (Toko Tani Indonesia Center) sebagai upaya penyediaan pangan murah berkualitas bagi masyarakat. Adapun jumlah TTI di Bangka Belitung terhitung sejak tahun 2016 sebanyak 16 TTI. Sedangkan TTI-C yang dibentuk tahun 2019 menjadi wadah Gapoktan, supplier dan produsen pangan lain dalam memasarkan komoditas pangan hasil produksi pertanian.

Masyarakat Pangkalpinang menyambut positif diselenggarakannya bazar pangan murah. Hal ini ditunjukkan dengan ramainya pengunjung sejak pukul 07.00 wib hingga menjelang siang.

Membuka acara, Sulastri, Sekretaris Dinas Pangan, mewakili Kepala Dinas, menjelaskan detail kronologis diadakannya gelar pangan murah di ATM Pangkalpinang.

"Kegiatan ini adalah salah satu upaya pemerintah yang dilakukan untuk menjaga stabilitas harga pangan baik di tingkat petani atau produsen dan di tingkat konsumen", papar Sulastri. 
"Dalam hal ini pemerintah pusat maupun daerah bertanggungjawab mengendalikan maupun bertanggungjawab atas ketersediaan bahan pangan pokok dan strategis di seluruh wilayah negara Indonesia khususnya Bangka Belitung," lanjut Sulastri.
"Acara ini juga diselenggarakan sebagai wujud partisipasi Dinas Pangan dalam memeriahkan HUT Provinsi kita yang ke-19," tutup Sulastri.

Hadir dalam acara ini Kabid Distribusi Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beserta staf, dan Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang beserta staf, serta produsen pangan dan distributor pangan yang terlibat.

Sumber: 
Dinas Pangan Babel
Penulis: 
Dini