Milad IAIN SAS Babel, Gubernur: Kedepan IAIN SAS Babel Harus Sejajar UIN

Petaling – Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik (IAIN SAS) Bangka Belitung diharapkan dapat sejajar dengan Universitas Islam Negeri (UIN). Hal ini dikatakan langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Johan saat membuka acara Milad Ke-1 IAIN SAS Bangka Belitung dengan tema “ Menumbuhkan Nilai Keislaman Dalam Semangat Baru Menuju Kampus Yang Berkemajuan “ di Gedung Terpadu IAIN SAS Bangka Belitung, Petaling, Kabupaten Bangka, Selasa (16/4/2019).

Erzaldi mengatakan dalam upaya memajukan perekonomian Bangka Belitung, harus memiliki sumber daya manusia yang menguasai tiga bidang kehidupan penting, yakni ilmu agama, ilmu ekonomi, dan teknologi. Ketiga ilmu ini, lanjutnya, harus seimbang. Sebab, kunci dari kemajuan suatu negara adalah ketika manusia mampu menguasai dan mengendalikan ketiga bidang ilmu ini.

“ Jika kita hanya menguasai ilmu agama tetapi tidak diiringi dengan ilmu ekonomi, kita akan tertinggal jauh dan tentu tetap akan dikendalikan oleh negara lain. Kita hanya jadi penonton. Tapi ketika ketiga bidang ilmu ini seimbang, maka kedepan pengendalian kemajuan ekonomi akan berada ditangan kita, “ ujarnya.

Ia menegaskan, tugas daripada seorang mahasiswa adalah belajar dengan tekun untuk memajukan perekonomian negara dimasa depan. Menurutnya, saat ini Pemerintah Provinsi Bangka Belitung membuka 25 orang beasiswa untuk melanjutkan sekolah ke Strata Dua (S2) ilmu keagamaan. Melalui program beasiswa ini Erzaldi berharap Bangka Belitung dapat melahirkan generasi penerus yang cerdas dan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas.

“ Kedepan, SDM yang hebat harus lahir dari kampus ini. Masyarakat Bangka Belitung harus memiliki otak yang cerdas dari provinsi lain. Seluruh mahasiswa nantinya harus menjadi orang yang bisa mengendalikan ekonomi syariah negara, “ ungkapnya.

Erzaldi menghimbau agar tahun ini dapat segera dibentuk lembaga yang mengurus entrepreneurship mahasiswa. Lembaga ini dibentuk untuk membangun jiwa kewirausahaan yang bertujuan untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Ia juga menghimbau agar para mahasiswa dapat mengimplementasikan seluruh pemahaman dan pengetahuan dari pembelajaran ayat suci Al-quran dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Rektor Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik (IAIN SAS) Bangka Belitung Zayadi mengatakan bahwa masih banyak lagi tugas yang belum diselesaikan sejak ditransformasikan kelembagaan STAIN menjadi IAIN pada tanggal 7 April 2018 lalu. Ia mengajak semua pihak baik pemerintah, pengurus kampus maupun mahasiwa untuk dapat terus bekerja sama dalam memajukan kampus dan Provinsi Bangka Belitung.

“Masih banyak tugas yang harus diselesaikan kedepan, karena setelah transformasi semua management mengalami perubahan. Ini adalah tahun kebersamaan kita. Saya mengajak kita semua untuk selalu bekerja sama dalam memajukan kampus dan Provinsi Bangka Belitung, “ tegasnya.

Lebih jauh Ia berharap agar seluruh mahasiswa dapat terus menjaga identitas dan nama baik kampus. Ia juga mengapresiasi kepedulian Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman untuk membantu pembangunan Masjid di Kampus IAIN SAS Bangka Belitung sebagai tempat ibadah yang harus dimiliki untuk dapat lebih meningkatkan ilmu keagamaan mahasiswa. Kedepan Ia juga berharap agar Gubernur dapat membantu secara bertahap memperbaiki segala kebutuhan mahasiswa, baik infrastruktur maupun sarana dan prasarana lainnya.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Fitra