Miwartono: Laporan Menjadi Kontrol Pekerjaan

Pangkalpinang – Penyusunan dan pembuatan laporan harus ditingkatkan. Pasalnya laporan memiliki multi fungsi di antaranya, menjadi barometer keberhasilan pekerjaan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Tak hanya itu, sebab laporan juga dapat menjadi bukti serta mencari tahu persoalan program kerja.

“Penyusunan dan pembuatan laporan kerja harus benar, bukan hanya untuk mengetahui kendala pekerjaan. Namun laporan dapat menjadi bahan evaluasi sekaligus fungsi kontrol pekerjaan,” jelasnya Miwartono Kepala Satpol PP Provinsi Bangka Belitung di Hotel Bangka City, Pangkalpinang, Kamis 19 November 2015.

Tak hanya itu, sebab saat membuka Forum Pelaporan Penyelenggaraan Pembangunan Bidang Ketenteraman, Ketertiban dan Penegakan Perda Satuan Polisi Pamong Praja, ia menegaskan perlunya pelatihan membuat laporan yang baik dan benar. Sehingga laporan yang dibuat berkualitas, terutama di lingkungan Sat Pol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dijadwalkan Forum Pelaporan Penyelenggaraan Pembangunan Bidang Ketenteraman, Ketertiban dan Penegakan Perda Satuan Polisi Pamong Praja berlangsung selama dua hari, Kamis (19/11) hingga Jumat (20/11). Bertindak sebagai pemateri yakni, perwakilan dari Kemendagri. Puluhan peserta dari lingkungan Sat Pol PP se-Bangka Belitung mengikuti kegiatan ini.

"Pelatihan ini hendaknya dapat menambah wawasan, pengetahuan dan pemahaman mengenai standar penulisan laporan. Sehingga dapat seragam dan rapi di semua bidang di Sat Pol PP," ucapnya.

Lebih jauh ia menjelaskan mengenai ketentuan pelaporan di Satuan Sat Pol PP. Sebab pembuatan pelaporan telah diatur Peraturan Pemerintah Nomor 6 tahun 2010 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 27 tahun 2010. Keakuratan menjadi salah satu kekuatan sebuah laporan.

“Laporan dipertanggungjawabkan langsung kepada kepala daerah, kemudian menjadi pertimbangan Mendagri untuk mengambil kebijakan. Oleh karena itu, membuat laporan harus sesuai kinerja," tutupnya.

Sumber: 
Satpol PP Provinsi Kep Babel
Penulis: 
Rusmini
Fotografer: 
Rusmini