Mulai 2022, PON Akan Diselenggarakan Dua Tahun Sekali Di Dua Provinsi

Belitung - Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan dilaksanakan di Papua, akan menjadi PON terakhir. pasalnya, penyelenggaraan PON yang dilaksanakan empat tahun sekali akan dipercepat menjadi dua tahun sekali di dua provinsi di Indonesia.

Samsudin, staf ahli bidang  hukum olahraga menteri Pemuda dan olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), mengatakan, Kemenpora sedang berupaya untuk mengubah pelaksanaan PON dari empat tahun sekali menjadi dua tahun sekali. Hal ini sampaikan saat welcome dinner sekaligus membuka secara resmi kejuaraan nasional (Kejurnas) Voli Pasir, Selasa (20/08/2019) malam, di gedung serba guna pemerintah kabupaten Belitung.

"Nanti setelah PON 2020, PON akan dilaksanakan pada tahun 2022, dua tahun sekali yang akan di laksanakan di dua provinsi, insyaallah akan dilaksanakan di Sumatera Utara dan Aceh", ungkapnya.

Menurut Samsudin, nanti pembagian pelaksanaannya seperti di Asian games yang lalu, dengan teknis pelaksanaan beberapa cabang olahraga dilaksanakan di Jakarta dan juga beberapa cabang olahraga yang dilaksanakan di Palembang.

Dikatakan Samsudin, saat penyelenggaraan PON empat tahun sekali itu karena saat itu  provinsi di Indonesia baru berjumlah 27 provinsi. Saat itu Timor Timur menjadi provinsi yang ke 27.

“Sedangkan  saat ini provinsi di Indonesia telah berjumlah 34 provinsi, jadi olahraga harus dipacu, dikembangkan untuk menyumbangkan pembangunan nasional, maka PON akan dilaksanakan dua tahun sekali di dua provinsi,” terangnya.

"Nanti para atlet akan berlatih lebih cepat lagi dan pertandingan-pertandingan harus lebih banyak lagi, makanya kejuaraan PPLP, mudah"an akan kita coba tidak setahun sekali tapi sudah mulai setahun dua kali, itu akan lebih baik,” tutup Samsudin.

Sumber: 
Diskepora
Penulis: 
Adit
Fotografer: 
adit