Mulyono: Peran Media Sangat Bantu Tugas Pemerintah

Pangkalpinang – Peran media cetak, elektronik, maupun media online sangat diharapkan dapat membantu tugas pemerintah dalam memberikan informasi ke masyarakat tentang bahayanya penyakit menular Tuberkulosis (TB).

“Kami sangat berharap media dapat membantu kami dalam menyampaikan informasi tentang bahayanya penyakit TB, terutama masyarakat yang ada di pelosok seperti di pulau-pulau,” demikian diungkapkan drg. Mulyono Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat membuka acara pertemuan Briefing Media terkait isu pengendalian TB di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Hotel Puncak, Jumat (11/12/2015).

Menurut Mulyono, pertemuan ini diharapkan agar informasi tentang program TB dapat tersampaikan dengan baik ke masyarakat terutama ke pelosok yang sulit terjangkau dengan media informasi

“Sehingga masyarakat yang memiliki gejalan TB dapat mengakses fasilitas pelayanan kesehatan dan mendapatkan pengobatan yang sesuai standar program,” jelasnya.

Lebih lanjut Mulyono menegaskan Dinas Kesehatan sudah berupaya melakukan pendekatan baik melalui pertemuan lintas program, lintas sektor maupun lintas profesi guna mendapatkan dukungan.

“Permasalahan TB ini merupakan tanggung jawab kita bersama bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan saja,” tegasnya.

Upaya serius juga terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan, pada tanggal 17 November telah menandatangani MOU dengan Kemenkumham dalam rangka pengendalian TB di Rutan/Lapas.

Mulyono juga mengungkapkan bahwa pada tanggal 25 November 2015 Dinas Kesehatan sudah melaksanakan wisuda sebanyak lima orang bagi pasien.

“Pasien yang diwisuda sudah dinyatakan sembuh dari TB kebal obat,” ungkapnya.

Untuk itu, Mulyono mengharapkan sharing informasi sangat bermanfaat sebagai masukan dalam pengendalian TB di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Harapan kami dapat menemukan dan mengobati kasus TB yang belum kami temukan selama ini sehingga dapat memutus rantai penularan TB di masyarakat,” tutupnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina Andini
Fotografer: 
Suci Lestari