Nanti Malam Api Obor Tiba di Stadion Depati Amir

PANGKALPINANG- Kirab Api Obor Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) IX Se-Sumatera 2015, Kepulauan  Bangka Belitung (Babel), yang dibawa dari Bukit Menumbing Muntok kabupaten Bangka Barat, yang berangkat sejak Rabu (11/11), melewati Kecamatan Bakam dan diarak keliling Sungailiat Kabupaten Bangka, kemudian di boyong ke Ibukota Provinsi, akhirnya tiba juga di halaman Kantor Gubernur Babel, Kamis (12/11).

Pembawa obor tersebut yakni Atlet lari jarak pendek Pangkalpinang, Joni Ardiansyah bersama 9 barisan pembawa obor dari atlet atletik PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bangka Belitung.

Sesampai di halaman kantor Gubernur sekitar pukul 15.00 WIB Tim pembawa obor disambut  tari sambut Pinang dari SMA N1 Pangkalpinang, yang kemudian dilanjutkan dengan upacara penyerahan api obor oleh Tim pembawa api obor ke Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum, Sahirman yang berkesempatan menjadi Pembina upacara, mewakili Gubernur. Setelah diterima api obor kembali disemayamkan lagi di rumah dinas walikota Pangkalpinang, sebelum dibawa ke acara pembukaan Porwil IX di Stadion Depati Amir, Pangkalpinang, nanti malam.

Sahirman dihadapan peserta upacara membacakan pesan Gubernur dari semangat api obor Porwil IX Se-Sumatera 2015, Bangka Belitung.

"Kirab api porwil lambang atau semangat olahraga, junjung tinggi sportifitas, junjung solidaritas dan junjung persatuan dan kesatuan. Semangat api olahraga untuk mengajak masyarakat Babel membangun bumi serumpun sebalai ini," katanya.

Usai upacara, Sekretaris Umum Panitia Besar (PB) Porwil, A Roni Rahman menjelaskan ketidakadiran Gubernur dalam kirab api obor Porwil dihalaman Kantor Gubernur Babel karena sedang mengikuti Rakor Gubernur Se-Indonesia di Jakarta.

"Pak Gub di Jakarta, ada rakor Gubernur se-Indonesia, Wagub juga DL (Dinas Luar), Sekda juga DL. Tapi kan tidak mengurangi khidmatnya acara, secara fisik tak hadir, ini arahan beliau, tapi malam ini (kemarin, red) beliau hadir di welcome dinner, dihadiri sekitar 700 orang," ujarnya.

Roni juga menyampaikan kabar gembira di hari pertama Porwil, yang mana Babel mampu menyabet 2 emas dari Cabang Olahraga (Cabor) atletik.

"Alhamdulillah tadi hari pertama, Babel mampu raih 2 emas cabor atletik," ungkapnya.

Lanjut Roni, Pembukaan Porwil IX di Stadion Depati Amir, Pangkalpinang nanti malam, dipastikan tidak bisa dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi karena mesti mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Kejuaraan Dunia Wushu di Jakarta.

"Nanti yang buka Gubernur. Tingkat persiapan, kontingen sudah masuk semua. Dari 10 Cabor 9 sudah memastikan diri siap, sementara cabang sepakbola sudah techical meeting tapi alot. Sepak bola alot karena olahraga rakyat paling digemari banyak, tapi intinya sudah clear wasit sudah ada izin kapolri," yakinnya.

Sementara itu, disinggung rumor venue Cabor Panjat Tebing belum rampung hingga kabar masih menyisakan persoalan antara Pemda dengan pihak kontraktor, ditampik Roni.

"Secara fisik itu tidak jadi masalah, yang penting fisik sudah bisa kita pakai. Kurang kanopi sudah dikerjakan, soal kontrak belum itukan urusan dispora," pungkasnya. (Fiz)

Sumber: 
PB Porwil
Penulis: 
Fiz