Nasmifida Jabat Kepala BPKP Babel

Pangkalpinang – Nusmifida dilantik sebagai Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keunganan dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pelantikan ini secara langsung dilakukan Rustam Effendi Wakil Gubernur (Wagub), mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, di Ruang Pertemuan Kantor Gubernur, Kamis (11/4/2013).

Saat pelantikan, Wagub menjelaskan, Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat memiliki wewenang untuk melantik kepala instansi vertikal dari kementerian dan lembaga pemerintah non kementerian yang ditugaskan di wilayah provinsi yang bersangkutan. Ini sesuai yang diamanatkan Pasal 4 Ayat 1 Huruf I Peraturan Pemerintah No 23 tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemeritah No 19 tahun 2010.

“Dengan adanya koordinasi ini diharapkan terjadi singkronisasi antara pelaksanaan pemerintah daerah dengan program dan kegiatan yang dilaksanakan instansi vertikal di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ungkap Wagub.

Wagub secara langsung mengucapkan selamat atas dilantiknya Nasmifida sebagai kepala BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pelantikan ini merupakan salah satu langkah penyesuaian kenaikan eselorasi kepala perwakilan BPKP dari Eselon III a menjadi Eselon II a. Tampak menghadiri kegiatan pelantikan tersebut kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  

Lebih jauh Rustam mengatakan, mengacu Instruksi Presiden No 4 tahun 2011 tentang Percepatan Peningkatan Kualitas, Akuntabilitas Keuangan Negara dan Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2011 tentang Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, sangat disadari akan peran penting BPKP untuk mengantisipasi kasus korupsi di Indonesia.

Dalam rangka memudahkan kerjasama dengan BPKP, seluruh pemerintah daerah di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menandatangani MoU dengan pihak BPKP. “Kepala badan, dinas di lingkungan pemerintah provinsi hendaknya dapat bersinergi dengan BPKP, khususnya mengenai akuntabilitas pengelola keuangan daerah bisa menjadi lebih baik,” jelasnya.(ami/nn)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani