Nilai SAKIP Pemprov. Babel Perlu Ditingkatkan

PANGKALPINANG -  Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah memimpin rapat asistensi Rekomendasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang berlangsung di Ruang Tanjung Pendam Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (25/9/20).

Wagub Abdul Fatah dalam arahannya mengatakan, nilai SAKIP dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Perkembangan evaluasi reformasi birokrasi terkait SAKIP saat ini berada di posisi nilai B. “Di kesempatan ini saya minta kepala tim asistensi, agar nilai SAKIP lebih ditingkatkan lagi, diperlukan pemahaman dari seluruh OPD dengan menyampaikan kekurangan dan kendala yang ada sehingga bisa diperbaiki untuk ke depannya,” ungkapnya.

"Saya memberikan apresiasi kepada pihak Kemenpan RB yang telah melakukan penilaian evaluasi terhadap SAKIP yang telah kita susun. Saya yakin ke depannya, nilai SAKIP dengan predikat A yang kita inginkan dapat tercapai," ungkap Wagub Abdul Fatah. 

Sementara itu, Karo Organisasi Setda Prov. Kepulauan Babel, Eliana mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk menyamakan persepsi reformasi birokrasi dan SAKIP di Prov. Kepulauan Babel. 

"Bagaimana kita menindaklanjuti rekomendasi Menpan RB terhadap reformasi birokrasi dan SAKIP kita, memang masih ada OPD yang masih lemah dan belum terarah dalam kegiatan, untuk itu tim ini dapat mendorong perangkat daerah untuk menindaklanjuti reformasi birokrasi ini," ujarnya.
 
Kabid Organisasi, Wardati dalam paparan menjelaskan, tujuan kegiatan untuk menentukan strategi yang efektif untuk asistensi RB dan SAKIP kepada OPD dalam menindaklanjuti rekomendasi RB dan SAKIP sehingga meningkatkan capaian pelaksanaan Reformasi birokrasi. 

Rekomendasi reformasi birokrasi antara lain, melakukan perbaikan data sampai November, komitmen pimpinan terus ditingkatkan, perbaikan paparan untuk mendukung capaian Lembar Kerja Evaluasi (LKE), capaian Reformasi belum terlihat, tim RB pusat dan daerah harus bersinergi, melakukan rencana aksi pada area perubahan dan lebih difokuskan kepada area pendukung capaian keberhasilan tujuan OPD. 

Sedangkan rekomendasi SAKIP yaitu, pelaksanaan cascading, perbaikan pengukuran kinerja agar lebih muda, implementasi monev capaian kinerja, dan TPP dibayar berdasarkan kinerja. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hasan A. M.
Fotografer: 
Rafiq
Editor: 
Listya