Noviar dan Istri Siap Gabung PFI

PANGKALAN BARU - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Noviar Ishak mengutarakan niatnya bersama istri Ir Citra Retno Wulandari untuk menjadi bagian dari Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) setelah memasuki masa purnabakti dari Pegawai Negeri Sipil.

Keinginan itu disampaikan Noviar saat menutup kegiatan Lokakarya Filateli 2014 di Hotel Novotel, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Selasa (28/10/2014) sore.

Niat tersebut bukan tanpa alasan, karena dia bersama sang istri sudah mengumpulkan dan mengoleksi berbagai jenis benda filateli selama bertahun-tahun. Itu dilakukan karena keduanya sama-sama memiliki hobi berkirim surat dan mengumpulkan prangko. Namun dirinya tidak mengungkapkan banyaknya koleksi benda filateli yang dikumpulkan bersama Ny. Citra Retno Wulandari Noviar.

"Kami berdua sudah sejak lama memiliki sejumlah koleksi prangko. Ada keinginan untuk bergabung dengan PFI setelah pensiun nanti," ujarnya di sela-sela memberikan sambutan tanpa teks.

Noviar mengungkapkan menjadi seorang filatelis dimulai dari kegemarannya berkirim surat. Selain itu harus memiliki kesungguhan hati dalam menyimpan serta merawat koleksi benda filateli yang dimiliki. Oleh karena itu dirinya mengharapkan adanya lokakarya filateli menjadi momentum untuk membangkitkan kembali budaya gemar menulis, membaca, berkirim surat dan mengumpulkan benda-benda yang berkaitan dengan filateli. Dari kegemaran itulah akan terasa manfaatnya di kemudian hari.

Menurutnya, usia dini bagi para pelajar akan lebih enerjik melakukan hobi yang positif dan bermanfaat. Agar lokakarya memberikan kesan dan hasil yang baik bagi peserta, hendaknya jangan berbuat setengah hati karena pada akhirnya tidak memberikan hasil yang sesuai dengan harapan.

"Setiap kegiatan yang kita tekuni, tidak dilakukan setengah hati. Dan kita harus siap pula berkompetisi. Apalagi globalisasi bergerak tanpa menghitung waktu," imbuhnya.

Mantan Kepala Dinas PU Babel itu mengimbau kalangan dunia pendidikan untuk dapat memanfaatkan lokakarya dalam menggali potensi diri, menambah wawasan dan pengetahuan baru.

Usai penutupan, Noviar menerima cinderamata berupa album kumpulan benda filateli dari panitia. Sebelumnya, berlangsung berbagai permainan seru bagi para peserta yang berjumlah sekitar 150 orang dari pelajar, guru dan pejabat pemerintah.

Selama lokakarya yang mengusung tema "Filateli, Cara Pintar Mengenal Dunia" berlangsung, peserta menerima materi-materi dari sejumlah narasumber serta talkshow dan diskusi seputar filateli. Di tiga titik lokasi acara, terdapat filateli corner dari Kantor Pos Pangkalpinang, serta display prangko dari berbagai negara, dan provinsi di Indonesia.

Di salah satu display, terlihat prangko dengan logo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, prangko cerita rakyat Batu Balai dan prangko bergambar kuliner khas Babel yaitu lempah kuning. Tiga prangko tersebut diterbitkan pada tahun 2000-an. (ism-tim mc)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ismail
Fotografer: 
Ismail
Editor: 
Ismail