Noviar: Sampaikan Pesan Melalui Media Hiburan

Beltim – Pemutaran film merupakan salah satu sarana menyampaikan informasi. Selain menghibur, pesan-pesan yang ingin disampaikan pemerintah kepada masyarakat dapat langsung diterima sesuai sasaran. Pasalnya informasi tentang apapun patut diketahui masyarakat.

“Pesan dapat disampaikan melalui media cetak, elektronik, media online dan hiburan," jelas Noviar Ishak Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Senin malam (15/6/2015).

Pantuan Babelprov.go.id, ratusan masyarakat Desa Lenggang dan sekitar ikut menyaksikan fim yang diputar Diskominfo Babel. Luasnya lokasi yang digunakan untuk melakukan pemutaran film membuat kondisi penonton tidak terkonsentrasi. Kebanyakan masyarakat menyaksikan film dengan cara duduk di kendaraan.

Terdapat beberapa pesan ingin disampaikan saat pemutaran film berdurasi 136 menit, bertajuk Tanah Surga tersebut. Film bernuansa nasionalisme ini diharapkan dapat membangkitkan rasa patriotisme bangsa dalam diri rakyat Indonesia. Kegiatan pemutaran film ini dinilai bisa memberikan informasi, sekaligus mengajak masyarakat mencintai tanah kelahiran yaitu Bumi Indonesia.

Selain itu, bertepatan peringatan Hari Demam Berdarah Dangue Asean yang jatuh tanggal 15 Juni, pesan layanan masyarakat yang disampaikan yaitu menyadarkan masyarakat bahaya penyakit itu. Masyarakat diimbau membiasakan hidup bersih, dan melakukan gerakan Menguras, Menutup dan Mengubur atau yang lebih dikenal dengan sebutan 3M.

Lebih jauh Noviar menjelaskan, kegiatan penyebarluasan informasi juga biasanya dilakukan Dinas Kominfo Babel melalui sarana pertunjukan rakyat, pementasan kesenian tradisional, tatap muka. Ini merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yaitu diseminasi atau menyebarluaskan informasi pembangunan baik secara fisik maupun non fisik kepada masyarakat.

“Kegiatan ini juga diharapkan turut menyemarakkan Fesfival DesTIKa yang diselenggarakan di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung,” jelasnya.

Seperti dilansir sebelumnya, Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur terpilih sebagai lokasi pelaksanaan DesTIKa. Kegiatan ini merupakan wadah membangkitkan kemampuan masyarakat desa menggunakan teknologi. Masyarakat diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup melalui teknologi tepat guna.

Berbagai acara digelar dalam festival di antaranya, demontrasi aplikasi nelayan, SIDeKa dan Drone Desa, seminar dan stadium general bertema “Sistem Informasi Desa menuju Desa Bekerja, Terlibat dan Mandiri”, seminar dan workshop paralel bertema “Internet Cerdas Kreatif dan Produktif”. Tak hanya itu, sebab terdapat beberapa kegiatan lainnya.

Sementara hari ini, Selasa (16/6/2015) masyarakat masih dapat menyaksikan workshop Education yang digelar sekitar pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Adapun tema diusung yaitu mengenai Open Source Pedesaan, Penggunaan Aplikasi dengan pemateri dari Tim Onno Purbo pakar multi media. Kemudian ada paralel kegiatan Bimtek UKM dan PKK.

Usai ishoma (istirahat, salat dan makan siang), kegiatan dilanjutkan penyampaian informasi, komunikasi pedesaan (Desktop Desa, VoIP Desa dan OS Linux Desa). Dijadwalkan kegiatan tersebut berlangsung sekitar pukul 13.00 hingga 14.00 WIB. Acara festival DesTIKa kemudian ditutup sekitar pukul 14.30 WIB.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina
Fotografer: 
Adi Tri Saputra | Suci Lestari
Editor: 
Huzari