OPD pada Pemprov Babel Segera Pergubkan Perubahan Struktur Organisasi

PANGKALPINANG - Empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sedang dalam persiapan perubahan struktur organisasi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.
 
OPD terkait diantaranya, BKPSDM, Dinas ESDM, Dinas Pendidikan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. 
 
Hal ini dibahas dalam agenda kegiatan rapat penataan perangkat daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (13/05) di Ruang Rapat Romodong Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang dipimpin oleh Darlan, Asisten Bidang Administrasi Umum.
 
Dalam rapat dibahas beberapa hal terkait perubahan ini, seperti BKPSDM yang akan dipisahkan antara urusan Sumber Daya Manusia dan Kediklatan akan ditindaklanjuti dengan Peraturan Daerah yang disiapkan segera oleh Biro Organisasi Babel. Perubahan struktur organisasi di BKPSDM, dalam rapat dianggap clear pembahasannya.
 
Demikian pula, dengan Dinas Pertanian yang akan merubah posisi penyuluh di bawah bidang penyuluhan yang dibentuk sesuai peraturan yang berlaku.
 
Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Seksi Kemetrologian yang telah menjadi urusan Kabupaten/ Kota juga akan dihapuskan dan digantikan dengan Seksi  Pengawasan Tertib Niaga dibawah Bidang Perdagangan dan Tertib Niaga.
“Kami telah menyurati Biro Organisasi untuk menindaklanjuti perubahan struktur ini sesuai peraturan yang berlaku, kami siap atas perubahannya,” ungkap Sekretaris Disperindag Babel yang hadir dalam rapat.
 
Lain halnya dengan Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pendidikan untuk sementara waktu masih akan bertahan dengan struktur yang ada saat ini mengingat banyaknya beban tupoksi yang akan diemban oleh Cabang Dinas ditiap Kabupaten jika dihilangkan seksi-seksi dengan tupoksi atas Sekolah Menengah Atas dan sederajat. 
“Hingga saat ini belum satupun Dinas Pendidikan di Indonesia yang menghilangkan esselon sesuai Permen tersebut, sehingga sementara waktu Dinas Pendidikan seluruh Indonesia sepakat untuk tidak menghapuskan esselon 4 nya,” ungkap Saleh.
 
“Bahkan kami sudah pernah menghadap Yusuf Kalla untuk pembahasan ini, waktu itu 9 (sembilan) perwakilan Dinas Pendidikan di Indonesia hadir termasuk Saya menghadap Wakil Presiden RI”, tambahnya.
 
Pimpinan rapat menghimpun hasil rapat ini dalam notulen dan menjadi kesepakatan rapat yang ditandatangani seluruh undangan rapat yang hadir, sebab rapat ini telah diserahkan sepenuhnya oleh Sekretaris Daerah kepada Asisten Bidang Administrasi Umum untuk ditindaklanjuti sesuai kesepatan rapat yang akan disampaikan kepada Sekda Babel usai rapat berlangsung.
 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Fitra