OPTIMALKAN PELAYANAN PUBLIK, DP3ACSKB GAGAS KESEPAKATAN DENGAN TIGA LEMBAGA INI

PANGKALPINANG-- Memberikan pelayanan publik yang optimal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat merupakan fokus Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Untuk mendukung hal ini, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengagas kesepakatan dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung.

Kesepakatan yang merupakan bentuk sinergi dalam perencanaan dan pembangunan ini ditandatangani pada Kamis (21/11/2019) di halaman Kantor Gubernur Babel bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ke-19. Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Gubernur Erzaldi Rosman selaku Gubernur Babel sebagai pihak pertama, Muhammad Ridwan Kepala Kanwil Kemenag Babel sebagai pihak kedua dan Umi Kulsum Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung sebagai pihak ketiga.

Kepala Kanwil Kemenag Bangka Belitung sebagai unsur pelaksana tugas dan fungsi yang bertanggungjawab kepada Menteri Agama RI, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Babel sebagai unsur pelaksana tugas dan fungsi yang bertanggungjawab kepada Ketua Mahkamah Agung RI dan semua pihak saling bersinergi mengoptimalkan pelayanan publik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Beberapa poin yang menjadi ruang lingkup DP3ACSKB dalam kesepakatan ini antara lain peningkatan dan pengembangan SDM, peningkatan kualitas hidup perempuan, menekan tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak, menjamin hak anak, dalam pembangunan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak dasar kependudukan, peningkatan pembangunan kultur masyarakat yang bertakwa serta bermoral dan meningkatkan kualitas pelayanan publik yang memberikan pelayanan yang cepat, efektif berbasis teknologi informasi bagi masyarakat.

Setiap pihak memiliki peran dalam menyiapkan program kerja untuk mensinergikan optimalisasi pelayanan publik, memfasilitasi sinergitas yang akan dilaksanakan di Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta meneruskan kesepakatan ini ke Kabupaten/Kota se-Provinsi Bangka Belitung. Menurut Kepala DP3ACSKB Babel Susanti, kesepakatan ini berlaku selama lima tahun dan dapt diperpanjang berdasarkan kesepakatan ketiga Pihak yang terlibat didalamnya.  

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
Lisya Ayu