Pangkalpinang Dipastikan Wakili Babel di FLS2N Tingkat Nasional

Bangka Tengah, BabelProv - Kota Pangkalpinang dipastikan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti Festival Lomba Seni dan Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Nasional  jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK, yang akan dihelat serentak di Tanggerang dan Lampung, september mendatang.

Setelah sebelumnya, diumumkan Pangkalpinang sebagai Juara Umum (FLS2N) Tingkat Provinsi, untuk jenjang SMK, Pangkalpinang meraih trophy juara pertama dan total perolehan medali untuk jenjang SD/MI, SMP dan SMA, 5 medali emas, 8 perak dan 3 perunggu. 

Acara FLS2N Tingkat Provinsi ditutup Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Sekda) Yulizar Adnan, Kamis, (5/9) malam, di Ballroom Hotel SollMarina, Koba.

Sekda dalam sambutannya mengatakan, pendidikan penting sebagai dasar membangun keunggulan daya saing, mengingat pergerakan kemajuan zaman yang begitu cepat saat ini, menuntut kualitas sumber daya manusia yang tidak hanya terfokus pada sudut pandang pencapaian kualitas akademik, melainkan juga aspek non akademik, yang harus diwujudkan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. 

Kombinasi kedua aspek tersebut, dipercaya dapat membentuk pola pikir siswa, dalam memahami dan menerima secara utuh arti pendidikan karakter, yang terkandung pada kejujuran, kedisiplinan, kreatifitas, kemandirian, dan tanggung jawab. 
 
Ia juga menjelaskan bahwa, FLS2N merupakan salah satu wahana yang efektif, untuk mengekspresikan kompetensi estetika, sekaligus menumbuhkan nilai-nilai budi pekerti, dan nilai kasih sayang dalam melestarikan budaya bangsa dibidang seni.

Kegiatan ini menjadi moment yang tepat, dan sangat berharga bagi siswa untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan menjadikan pengalaman belajar dalam hal olah pikir, olah hal dan olah rasa, dalam mengembangkan sikap dan kepribadian siswa menjadi lebih baik.

“Saya mengimbau kepada para pemenang, khususnya Kota Pangkalpinang yang menjadi juara umum FLS2N jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK Tingkat Provinsi, untuk  tidak merasa cukup dan puas diri. Perjuangan masih berlanjut ke Tingkat Nasional bahkan Internasional. Tetaplah semangat, tekun dan giat berlatih, selalu asah kemampuan diri, karena persaingan selalu ada dihadapan kalian”, pesannya.
 

Sumber: 
Dinas Pendidikan
Penulis: 
Meilia