Pantai Koala Tempat Wisata Yang Cukup Mengasyikkan

Pangkalpinang- Satu lagi tempat wisata yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk dikunjungi yaitu Pantai Koala dan jembatan Baturusa III kini menjadi alternatif salah satu tujuan wisata para masyarakat di kota Pangkalpinang dan sekitarnya.

Jalan Lintas Timur yang dibangun Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka belitung dan Jembatan Baturusa III yang menghubungkan antara Desa selindung kecamatan pangkalbalam kota pangkalpinang dengan desa air anyir kabupaten bangka hingga kota Sungaliat Kabupaten Bangka kini lebih mudah untuk dicapai, pasalnya kini telah dibangun jembatan baturusa III dan jalan lintas timur yang menghubung antar kabupaten bangka dengan kota pangkalpinang.

Hampis setiap hari libur, pantai koala menjadi tempat tujuan berlibur kini ramai dikunjungi warga kota pangkalpinang maupun warga sekitarnya, disepanjangh garis pantai Koala kini mulai dijamuri warung makanan dan pondok tempat istiraht sembari menikmati suasana pantai. Tak jauh dari bibir pantai para pengunjung disuguhi bangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), tak jauh dari Jembatan Baturusa tiga tepatnya diseberang pantai Koala para pengunjung juga bisa menikmati aktivitas Tempat Pelelangan Ikan di sekitar Pelabuhan Pangkalbalam, keluar masuk kapal yang melintas, tak hanya itu, di pantai koala para pengunjung juga bisa menikmati angin pantai, mancing dan bermain bersama keluarga dan kerabat.

Rian salah satu warga desa Pagarawan yang biasa berlibur di Pantai koala dan nongkrong bersama teman temannya, hampir setiap hari rabu malam dan sabtu malam mereka menghabiskan waktu untuk nongkrong di atas jembatan baturusa tiga dan Pantai Koala.

"Hampir tiap malem kamis kek malem minggu kek hari minggu sore kami ke sine, Men di pantai koala ramai biase e men malem kamis kek minggu, di jembatan ne ge ramai lah" tuturnya, minggu (25/08/2013), di jembatan baturusa tiga desa Selindung Pangkalpinang.

Dari desa Selindung menuju Jembatan Baturusa tiga dan Pantai Koala, hanya menhabiskan waktu sekitar 5 menit perjalanan darat mwnggunakan kendaraan bermotor maupun mobil, meskipun jalan yang melintasi antara ujung desa selindung menuju jembatan baturusa tiga dan pantai Koala masih dalam penyelesain dan pengerjaan, jadi jalan yang masih dilapisi tanah merah dan sedikit berdebu jika pada saat cuaca panas, namun tetap ramai pengunjung yang ingin berlibur kesana. Pengunjung juga bisa menikmati Pantai air anyir kabupaten Bangka yang tak jauh dari Pantai Koala, dari pantai koala menuju pantai air anyir dan kota sungaliat kabupaten bangka kini seluruh ruas jalan telah diaspal sehingga lebih mudah masyarakat menuju kesana.

" seger nongkrong di jembatan ne, jembatan e bagus panjang pulik, men dari rumah ken deket ke sini jadi along nongkrong di sini bai, men ke tempat lain agak jauh, ne ge sayeng jalan e lum diaspal gale, men lah selesai diaspal gale makin ramai e urang maen kesine" kata Rian.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adi Tri Saputra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Adi Tri Saputra