Paparan Gubernur Babel dalam Acara Penjurian Anugerah Revolusi Mental 2019

Jakarta – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman satu-satunya Gubernur yang hadir secara langsung untuk mempresentasikan upaya-upaya dalam membuat kebijakan dan mendorong pencapaian Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dalam kegiatan Anugerah Revolusi Mental 2019 yang diselenggarakan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Kamis (12/12/2019) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Provinsi Bangka Belitung untuk Gerakan Melayani,  Bersih dan Tertib memperoleh nilai diatas rata-rata nasional. Ini diperoleh dari hasil pengukuran yang dilakukan oleh Kemenko PMK sebagai sebagai Ketua Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental bekerja sama dengan BPS pada tahun terhadap pelaksanaan 5 Gerakan : Melayani, Bersih, Tertib, Mandiri dan Bersatu.

Erzaldi juga mendapatkan apresiasi secara lisan terkait Gerakan Indonesia Mandiri, dimana telah diimplementasikan di Bangka Belitung dalam hal 3 S Sahang, Sapi, Sawah.

“ Program tata niaga lada yang diimplementasikan untuk memperbaiki permasalahan exportir lada yang sudah "bekerak" dari dahulu dan dipercaya mampu mengembalikan kejayaan lada di Babel dalam segi mengoptimalisasikan keberfungsian pepperin lada Babel,” ungkap Erzaldi.

“Ada beberapa produk UMKM Babel bersertifikat halal sudah ekspor Internasional. Insya Allah lada Babel tahun depan sudah bersertifikat halal,” tambah Erzaldi.

Dalam presentasinya Erzaldi memaparkan mengenai digital entrepreneur salah satu gerakan melayani melalui program 1001 digital entrepreneur, kita merekrut UMKM Babel untuk ikut, dimana kita menciptakan dan mendorong anak-anak muda untuk turun berbisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan. Merubah mindset dengan bermodalkan 1 handphone, mereka menjadi marketing dan nantinya bisa menciptakan produk-produk dengan dibantu instruktur yang handal.

Erzaldi juga menambahkan mengenai Berkah Mart. Pemerintah Provinsi menginginkan masyarakat memperoleh harga yang ideal yang distribusi kontrolnya dilakukan Pemerintah provinsi secara khusus. Membeli dalam jumlah besar tentunya harga lebih murah. Pemerintah menyiapkan gudang yang sangat besar sehingga supply dari produk-produk itu menjadi aman. Dan kami juga menerbitkan kartu miskin bisa online di Berkah Mart dan dikunci dan bekerjasama dengan BRI. Dan tahun 2020 akan link dengan penataniagaan lada. Pintu utama untuk membeli lada sehingga tidak terpengaruh orang berjualan tempat lain. 

Gubernur Erzaldi juga dalam paparannya mengemukakan mengenai Rumah Kemasan sebagai pelayanan pemerintah kepada masyarakat untuk meningkatkan UMKM Babel agar naik kelas. Ada Gerakan Indonesia Bersih, Pemerintah sudah mengeluarkan Perda dan Pergub mengenai persampahan, beberapa unit pengelolaan sampah yang dikelola oleh komunitas Bank Sampah.

Hal lain yang dipaparkan Erzaldi mengenai ASN melayani BPKB dengan sistem jemput bola, Sistem untuk mendisplinkan ASN untuk menunjukkan kinerja ASN dan juga dalam mempersatukan dan memelihara adat istiadat masyarakat, harmonisasi antar suka dan agama, Natak Kampung, Menjawab kebutuhan masyarakat, Swasembada daging sapi, Pengembangan Sawah dan Gerakan Indonesia Mandiri seperti Kampung KB,” papar Erzaldi.

Juri pada kegiatan Anugerah Revolusi Mental 2019 adalah Arif Budimanta (Stafsus Presiden), Marbawi GTN GNRM, Mohammad Sobary GTN GNRM, Nyoman Shuida Deputi bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK dan Alfredo Sani Fenat Plt. Asdep Nilai & Kreativitas Budaya Kemenko PMK.

Sumber: 
Kantor Penghubung Jakarta
Penulis: 
Rahimah
Fotografer: 
Pongky