Paparan Kakwarda Babel, Melati Erzaldi Sebagai Tuan Rumah Peransaka Tingkat Nasional 2020

CIBUBUR - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi, sebagai tuan rumah memaparkan tentang Perkemahan Antar Saka Tingkat Nasional (Peransaka) Tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Kep. Bangka Belitung pada tanggal 1-7 Desember 2020 di Aula Sarbini, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Kamis (20/02/2020).

Dalam paparannya Kakwarda Melati Erzaldi mengatakan Bumi Perkemahan Depati Amir yang bertempat di Desa Balunijuk, Kabupaten Bangka dengan luas 23 hektar dengan fasilitas lapangan upacara, tapak perkemahan putera dan puteri, aula dan pendopo, sarana air bersih, MCK putera dan puteri, dan juga penerangan, memiliki daya tampung lebih kurang 8.000 orang.

Lokasi kegiatan perkemahan antar saka nanti akan diadakan di Desa Rusunawa (Kampung KB), Kota Pangkalpinang dan Masjid Kayu Tua Tunu Kota Pangkalpinang.

Kakwarda Melati Erzaldi juga menerangkan, untuk kedatangan peserta juga akan disiapkan fasilitas seperti sarana transportasi penjemputan peserta kontingen daerah, dari bandara dan pelabuhan ke bumi perkemahan serta LO untuk masing-masing peserta oleh panitia kegiatan.

Dalam paparan juga disampaikan permohonan dukungan melalui kwartir nasional kepada Panglima TNI untuk memfasilitasi Pesawat Hercules sebagai sarana kegiatan Peran Saka Nasional 2020 dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju Bandara H.A.S Hananjoedin Belitung.

“Permohonan dukungan melalui kwartir nasional juga kepada Panglima TNI untuk memfasilitasi KRI Banda Aceh sebagai sarana kegiatan Peran Saka Nasional 2020 dari Pelabuhan Sadai, Kabupaten Bangka Selatan menuju Subcamp Pulau Belitung,” ungkap Kak Melati Erzaldi.

“Alhamdulillah lancar dan sukses dan ke depan kita tetap proses persiapkan main camp, subcamp karena, harus menampung sekitar 7.134 ribu peserta dan dengan adanya penambahan waktu bisa lebih mapan persiapannya,” ungkap Kak Melati Erzaldi saat dijumpai di tempat terpisah usai melakukan paparan di rapat pleno III.

Kak Melati Erzaldi juga menceritakan pengalaman kecil menjadi seorang pramuka, senangnya berkemah. Pada awalnya tidak terlalu dekat, di kemah kita bisa merasa seperti saudara. Dituntut untuk menjadi individu yang mandiri. 

“Saya bangga sebagai bagian dari pramuka, misi saya, Babel pramukanya bukan hanya organisasi saja tapi bisa masuk ke seluruh dan pembentukan karakter anak-anak, generasi muda sekarang,” ungkapnya.

Kak Melati Erzaldi juga menjelaskan mengenai One Gudep One Produk yang merupakan salah satu produk unggulan di bidang usaha untuk mendorong kakak-kakak pramuka menjadi wirausaha. Mendorong mereka menciptakan suatu usaha bukan hanya menciptakan satu produk. Lebih berinovasi menjadi pelaku usaha yang mandiri juga secara ekonomi.

 

Sumber: 
Kantor Penghubung
Penulis: 
Rahimah
Fotografer: 
rahimah
Editor: 
Listya