Pasar Modern Sungailiat Segera Dibangun

Sungailiat_Upaya mewujudkan pasar lebih higenis, representatif serta pemerataan pembangunan fisik khususnya dalam upaya merevetalisasi pasar tradisional menjadi pasar yang layak, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka segera membangun Pasar Modern Sungailiat. Selasa ( 24/6 ) pemancangan pertama pembangunan pasar modern diawali Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi, Bupati Bangka Tarmizi H. Saat, Wakil Bupati Bangka Rustamsyah disaksikan para tamu undangan ditandai dengan melatakan adukan semen dan batu granit/gunung sebagai tanda di mulainya pembangunan pasar modern.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung berharap sirkulasi ekonomi berjalan baik, pembangunan fisik pasar sendiri harus bagus, rapi dan bersih sehingga proses transaksi jual belipun terasa aman, nyaman bagi konsumen maupun produsen. Mengintip kondisi daya beli masyarakat di pasar tradisional Sungailiat saat ini memang sudah sepantasnya pembangunan pasar modern di Sungailiat dibangun.

Pembangunan yang dilaksanakan diupayakan tidak mengganggu proses transaksi jual beli yang sudah berlangsung, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bangka yang menyiapkan pasar relokasi sementara yang tak jauh dari pasar sebelumnya sambil menunggu selesainya pembangunan pasar modern yang telah direncanakan.

Pada kesempatan itu Gubernur meminta kepada pelaksana proyek bisa menggunakn dana bantuan pembangunan ini dengan baik dan seoptimal mungkin supaya hasil bangunannya menjadi awet dan tahan lama demi kesinambungan  proses transaksi jual beli di pasar modern Sungailiat. Selainitu, kata Gubernur Rustam Pemerintah Provinsi juga sudah menyiapakn anggara pembangunan pasar di daerah lain termasuk pasar Sadai Toboali yang hingga kini masih terkendala status tanah. ( wiwi_hms )

Stok Sembako dan Harga Stabil

Sepertinya Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi tidak main-main untuk mengotrol stabilitas stok bahan pokok di Negeri Serumpun Sebalai menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1435 H.

Betapa tidak, setelah kemarin Wagub Hidayat Arsani menggelar Operasi Pasar (OP) di bilangan relokasi Pasar Baru di Air Kantung Sungailiat, hari ini (Selasa, (24/6) Gubernur Bangka Belitung bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Suharto, SE, MM serta jajaran dinas instansi terkait lainnya kini kembali mengadakan operasi Pasar di Kota Pangkalpinang.

Berdasarkan informasi yang dihimpum redaksi portal Humas dan Protokol Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pemprov akan menggelar OP di 7 Kabupaten/Kota se-Babel

Tujuan OP tak lain hanya untuk memantau sejauh mana tingkat kenaikan harga yang terjadi, dalam upaya Pemerintah Provinsi menstabilkan harga kebutuhan sembako sesuai peraturan berlaku.

Oleh sebab itu, Rustam Effendi meminta kepada seluruh jajaran dinas terkait untuk mengambil sikap dan tindakan sedini mungkin agar masyarakat tidak resah atau dipusingkan dengan stok dan kesetabilan harga sembako.

Senada dengan Wagub Hidayat Arsani seperti ditulis salah satu media terkemuka di Bangka Belitung hari ini (Selasa-red) mengacam dinas instansi terkait jika tidak mampu mengurus soal kebutuhan "perut" masyarakat.

Hidayat tidak segan-segan memberikan sanksi tegas kepada para pejabat terkait bila stok sembako dan stabilitas harga tidak mampu dikontrol. Sesungguhnya stabilitas stok dan harga kebutuhan pokok mudah untuk dikontrol, cuma tergantung ada keinginan dan kesungguhan atau tidak dari pemerintah terutama dinas yang menangai langsung persoalan ini.  Karena itu, "Mereka yang tidak mampu bekerja, mengontrol stok kebutuhan masyarakat lebih baik mundur, atau minta berhenti saja," ancam Wagub Hidayat (44n9)

Sumber: 
Humas Prov. Kep. Babel
Penulis: 
Yohanes
Fotografer: 
Yohanes
Editor: 
ErMaNiX