Pastikan Gerakan Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Tanjung Gudang, Gubernur Erzaldi Rosman Juga Sampaikan Pengembangan Pelabuhan

BELINYU - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman targetkan Kapal Kolumbus dan kapal wisata lainnya masuk ke Kep. Babel melalui Pelabuhan Tanjung Gudang, Belinyu, Kabupaten Bangka. Sehingga diharapkan turis manca negara akan semakin meningkat.

Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu berpotensi sebagai dermaga sandar kapal-kapal besar seperti Kolumbus dan kapal wisata serupa lainnya. Panjang dermaga yang saat ini tersedia adalah 110 meter dengan tambahan dermaga sisi tepi pantai sepanjang 134 meter.

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) biasa disebut Pelindo II sebagai pengelola dan pengembang kegiatan logistik, tidak hanya sekadar pelabuhan tetapi juga berbagai usaha yang terkait dengan logistik sebagai energi perdagangan Indonesia.

Pelabuhan Tanjung Gudang saat ini dikelola oleh Pelindo II di bawah koordinasi pusat yaitu Tanjung Periuk. Titik pelabuhan lain di Pulau Bangka yang dikelola oleh Pelindo II adalah Pelabuhan Pangkal Balam.

General Manager Pelindo II menjelaskan dalam pertemuannya dengan Gubernur Erzaldi Rosman, bahwa Pelindo II di Tahun 2021 mendatang akan menambah panjang dermaga sebanyak 129 meter dan menambah kedalaman kolam pada alur menuju dermaga, sebab di beberapa titik terdapat kedalaman yang tidak cukup untuk dilewati kapal-kapal besar.

Untuk mendukung program perpanjangan dermaga, maka pengerukan di alur  menuju dermaga juga akan dilakukan sejauh 10 km.

Pertemuan pihak Pelindo II dengan Gubernur Erzaldi Rosman merupakan pertemuan dalam rangka memantau Kecamatan Belinyu untuk kesiapsiagaan terjadi penyebarluasan Virus Corona dari pintu seperti pelabuhan.

Kesempatan mengunjungi Pelabuhan Tanjung Gudang digunakan juga oleh Gubernur Erzaldi Rosman untuk menyampaikan kepada Pelindo II untuk juga melakukan renovasi sisi darat dari perlabuhan, agar memasukkan gaya kearifan lokal dalam rencana renovasi ruang terminal dengan standarisasinya.

“Tidak perlu menunggu 2021, sebab menurut saya akhir tahun 2020 sudah bisa dilaksanakan, koordinasikan dengan badan lingkungan hidup dan dinas perhubungan untuk perencanaan lebih matang diawal tahun seperti saat ini,” ungkapnya.

Ditanya terkait pelaksanaan Instruksi Gubernur tentang Pencegahan Penyebaran Virus Corona, Pelindo II bersama KSOP dan KKP yang bertugas di Pelabuhan Tanjung Gudang telah melakukan secara rutin sesuai instruksi. Bahkan dikatakan GM Pelindo II, bahwa Pelabuhan Tanjung Gudang dan Pelabuhan Pangkal Balam telah melakukan persiapan sejak 10 Januari 2020 dengan menyiapkan posko gabungan instansi terkait di Pelabuhan untuk penanggulangan penyebaran Virus Corona dan kesiapan ruang tindakan medis di terminal perlabuhan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona dp
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Listya