Pastikan Keamanan Kendaraan, Dishub Babel Lakukan Ramp Check di Bangka Barat.

 

PANGKALPINANG - Sebagai upaya memberikan rasa aman dan keselamatan dalam berkendaraan,  Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan pengecekan kendaraan atau inspeksi keselamatan (Ramp Check), di Terminal Muntok dan Pelabuhan Tanjung Kalian, Kabupaten Bangka Barat, Senin (26/4/2021). 

Kepala Seksi Pengendalian  Dishub Babel, Masagus Imron mengatakan, pemeriksaan kendaraan rutin dilakukan guna meminimalisir kecelakaan dan keselamatan para penumpang. Karena, meski masih di tengah pandemi Covid-19 mobilitas tetap berjalan sesuai Protokol Kesehatan

"Pemeriksaan standar yang kami lakukan antara lain memeriksa perlengkapan kendaraan berupa lampu kendaraan, ban, rem, klakson, pengukur kecepatan, wiper, pemecah kaca, serta perlengkapan administrasi lainnya berupa izin trayek,  kartu pengawasan, dan lainnya ," jelas Masagus Imron 
 
Kemudian Masagus menjelaskan, dengan adanya ramp check ini diharapkan para pengemudi dan operator kendaraan dapat memeriksa secara rutin kendaraan mereka agar kondisinya juga layak untuk dioperasionalkan. 

"Kita berharap kepada operator dan pengemudi kendaraan untuk melakukan pemeriksaan rutin atas kendaraan sehingga kendaraan yang dioperasionalkan dalam kondisi baik dan layak jalan," tegasnya. 

Dari pemeriksaan yang dilakukan Dishub Babel tersebut, Masagus mengatakan  terdapat 9 (sembilan) kendaraan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) yang dilakukan ramp check  di Terminal Muntok dan Pelabuhan Tanjung Kalian, Kabupaten Bangka Barat. 

"Kita melakukan ramp check terhadap 9 kendaraan bus AKDP, 5 di Terminal Muntok dan 4 di Pelabuhan Tanjung Kalian," jelas Masagus.

Ia pun mengimbau bagi seluruh supir bus, pemilik bus, serta seluruh penumpang untuk terus dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Mengingat, Covid-19 hingga saat ini masih ada.

"Kami juga  memantau kelengkapan protokol kesehatan seperti tersedianya tempat cuci tangan, hand sanitizer di terminal serta di dalam bus.  Seluruh supir dan penumpang harus terus menggunakan masker. Supir juga menyiapkan masker kepada penumpang yang belum menggunakan sehingga, perjalanan akan berlangsung aman dan sehat," imbaunya.
 

Sumber: 
Dishub Babel
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Lisia Ayu