Pelaksanaan APBD Perubahan Harus Tertib

Pangkalpinang – Pelaksanaan APBD perubahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun anggaran 2014 harus tertib dan sesuai peraturan perundang-perundangan. Setiap realisasi anggaran wajib dipertanggungjawabkan sesuai peruntukkan, sehingga kinerja menjadi terukur berdasarkan indikator dan target.

“Pelaksanaan perubahan anggaran harus tertib,” tegas Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat menyampaikan sambutan pada Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan terhadap Raperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2014, Senin (8/9/2014).

Perda APBD perubahan diharapkan dapat membiayai semua program dan kegiatan pembangunan. Ditegaskan Gubernur, sebab hal tersebut dilakukan guna meningkatkan perekonomian dan pelayanan kepada masyarakat. Perda menjadi dasar hukum dan pedoman pemerintah daerah untuk membiayai semua program dan kegiatan.

“Tujuannya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, jelas Gubernur, anggota DPRD harus optimal dan proporsional mengawasi pelaksanaan APBD. Itu dilakukan sesuai kewenangan, agar program kegiatan yang dilaksanakan menyentuh langsung ke masyarakat dan tidak menyimpang dari arah. Sebab ini merupakan tujuan bersama dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Penyusunan anggaran disesuaikan dengan rencana anggaran SKPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah. Gubernur menyarankan agar menjalankan kegiatan sesuai kebutuhan riil dengan azas dan kepatutan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Ini untuk menuntun kita bekerja secara efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan berorientasi pada output dan outcome yang mempunyai impact/bennefit dari suatu aktivitas dengan sistem anggaran kinerja,” tegasnya.(fa/sc)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina | Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Fajrina