Pelantikan Pejabat Bukan Hal Luar Biasa

Pangkalpinang – Sebanyak 129 pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilantik, Jumat (9/5/2014). Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menilai, pengambilan sumpah dan pelantikan di jajaran PNS bukan suatu fenomena birokrasi yang luar biasa. Itu suatu kewajaran yang mutlak dan harus dilakukan demi kelancaran sebuah sistem birokrasi.

“Pelantikan ini merupakan suatu keputusan yang harus diimplementasikan guna memenuhi berbagai tuntutan, tantangan dan kebutuhan untuk mengisi kekosongan jabatan pada internal pemerintahan,” tegas Gubernur saat melakukan pelantikan di ruang pertemuan lantai III, Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Lebih jauh ia menjelaskan, pelantikan ini guna memberikan pelayanan dan juga tuntutan dari luar sistem birokrasi. Sebab kondisi masyarakat dengan dinamika sosialnya berkembang begitu cepat, sehingga menuntut lembaga pemerintah untuk mampu memberikan respon cepat dan tepat dalam melakukan reshuffle.

Terdapat beberapa aspek menjadi perhatian untuk memposisikan pejabat. Ia menambahkan, semua itu senantiasa mempertimbangkan berbagai aspek dalam manajemen sumber daya aparatur dan juga mekanisme formal. Penempatan pejabat menurut penilaian harus memenuhi syarat dan memiliki kompetensi untuk menduduki jabatan struktural dalam lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kepercayaan yang diemban pejabat agar dapat dilaksanakan dengan menunjukkan prestasi, dedikasi dan loyalitas tinggi. Tunjukkan memang benar-benar orang pilihan dengan mewujudkan berbagai program di SKPD dalam waktu cepat, disertai dengan cara tepat serta mampu melakukan terobosan brilian bagi kemajuan daerah,” ujarnya.

Gubernur berpesan agar pejabat dan PNS yang dilantik menempati segala peraturan perundangan serta melaksanakan perintah dinas yang diberikan atasan. Laksanakan tugas sebaik-baiknya serta berikan pelayanan maksimal bagi masyarakat dan sesama aparatur. Selain itu harus dapat menggunakan dan memelihara barang-barang dinas sesuai ketentuan.

Pejabat harus menjadi teladan yang baik bagi staf dan masyarakat sesuai norma dan hukum yang berlaku. Tak hanya itu, jelasnya, pejabat juga harus bersikap dan bertingkah laku sopan terhadap masyarakat dan sesama PNS serta kepada atasan. Jalankan fungsi manajerial dengan baik pada unit kerja dengan memanfaatkan dan memberdayakan segala potensi sumber daya.

“Jadikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi provinsi yang dihormati, lebih maju, lebih berkualitas dan lebih sejahtera. Karena seluruh komponen dalam provinsi ini menanti kerja keras dari kita semua,” tegas Gubernur.(adt/an)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari