Pelatihan Keprotokolan dan MC Untuk Pegawai Pemda

Jakarta – Pelatihan Master of Ceremony (MC) dan keprotokolan di Hotel Kaisar Jakarta yang dilaksanakan pada tanggal 28-29 Juni 2013, diselenggarakan oleh Cerdas Training Center dengan pemateri yang berkompeten seperti Donny De Kaizer (TVRI), Roby Leo (TVRI), dan DR. Siti Nuri Nurhaidah dari Bidang praktisi dan akademisi, yang bertujuan untuk menghasilkan MC yang handal, dengan para peserta dari berbagai instasi pemerintah yang ada di Indonesia.

Kegiatan semacam ini sangat diperlukan sebagai pengembangan potensi Sumber Daya Masyarakat di instansi untuk menyiapkan tenaga-tenaga MC yang dapat menangani acara dengan baik, mempunyai wawasan, berpenampilan menarik, kreatif dan inovatif, dan memahami tugas-tugas pokok, etika dan persyaratan sebagai MC, serta dapat memahami aturan keprotokolan dengan baik.

Pembukaan materi dimulai dengan Donny De Kaizer sebagai seorang presenter multi talenta dari TVRI, yang mengangkat tema “pede bicara, siapa takut”, yang dapat membuat suasana kaku diantara peserta menjadi cair.

Menurut Donny, menjadi seorang pembicara di depan publik tidaklah mudah, adalah wajar jika seseorang menjadi tampil tidak percaya diri dikarenakan grogi, takut salah bicara, dan miss komunikasi, yang mengakibatkan tidak fokus, tujuan berbicara tidak jelas, dan pesan tidak sampai kepada audience, dan ini menjadi sangat fatal apabila MC di instansi Pemda mengalami hal tersebut.

“Untuk itu perlu persiapan yang matang dan ketekunan, karena untuk menjadi profesional memerlukan proses, tidak ada yang instan,” ungkap Donny dalam pembukaan acara.

Acara kemudian dilanjutkan oleh Roby Leo (TVRI) pakar komunikasi MC Public Speaking ini memberikan materi untuk menjadi percaya diri dalam berbicara, yang juga melatih para peserta untuk dapat mengerti teknik-teknik yang tepat dalam berkomunikasi di depan publik, seperti olah vokal, mengatur suara, tingkat kecepatan dalam berbicara, artikulasi yang jelas dan etika berpenampilan.

Kemudian Latief Udin Ridwan sebagai penyelenggara Cerdas Training Center mengatakan bahwa materi-materi yang diberikan cukup padat hanya dalam dua hari ini, namun disajikan dengan santai dan serius. Para peserta yang mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat memahami materi yang dapat dipraktekan di instasi nya masing-masing.

“Kesuksesan seorang MC di instasi pemerintah, juga didukung dengan pengetahuan keprotokoleran dan etika yang baik, kemudian ditunjang dengan pengetahuan yang luas, wawasan yang mendalam, dan pengalaman yang cukup.” Pungkas Latief.(K5/TMC)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Khalimo