Pembahasan Rencana Pembangunan Depo Arsip dan Perpustakaan Provinsi

PANGKALPINANG  -   Pemerintah provinsi kepulauan bangka belitung merencanakan program pembangunan depo arsip dan perpustakaan, dimana saat ini untuk pelaksanaan pembangunan tersebut pemerintah tengah menyiapkan  dokumen pembangunan detail engineering design (DED) untuk memasuki tahap  pembangunan tersebut.

 Hal tersebut diungkapkan Kepala dinas kearsipan dan perpustakaan pemerintah provinsi kep. babel,Asyraf Suryadin  usai mendampingi wakil Gubernur Abdul Fatah dalam pertemuan dengan tim dari perpustakaan nasional,  Bappenas  dan Kemenkeu terkait dana alokasi khusus (DAK) Perpusnas hari ini Jum’at (04/10) di ruang kerja wakil gubernur.

“ tahun 2020  dokumen DED untuk konsep pembangunan depo arsip dan perpustakaan sudah ada , kemudian bulan maret s.d mei, proposal DED tersebut akan kami ajukan kembali ke perpustakaan nasional”, ungkap Asyraf.

Adapun tahun 2020 prediksi pembangunan yang akan dilaksanakan dijelaskan Asyraf,   apabila usulan  yang diajukan oleh pemerintah provinsi telah  disetujui adalah mengenai pengadaan pembangunan depo arsip.

“ yang jelas tahun 2020 ke depan,  kita (red: pemerintah) akan bangun depo arsip dahulu karena saat ini masalah arsip ini sangat penting bahkan menjadi sangat vital misalkan untuk kebutuhan akreditasi dan tentunya agar dokumentasi dokumen –dokumen  menjadi rapi ”, ungkap Asyraf.

Adapun rencana pembangunan depo arsip direncanakan berlokasi di kompleks perkantoran gubernur kep. bangka belitung air itam pangkalpinang.

Sedangkan untuk rencana usulan pembangunan gedung perpustakaan provinsi sendiri, dijelaskan Asraf direncanakan untuk pelaksanaan pengadaan pembangunan perpustakaan dijadwalkan akan dilaksanakan pada tahun 2021 yang dibiayai melalui sumber DAK APBN.

“ tadi sudah dibahas dan dijelaskan dalam rapat, InsyaAllah tahun 2021 kita (red: pemerintah) sudah mulai membangun perpusatakaan ”, ungkap Asyraf.

Dukungan atas rencana pengadaan pembangunan perpustakaan provinsi dan depo arsip juga disampaikan Wagub, Abdul Fatah usai pertemuan.

“ pemerintah provinsi memang sudah merencanakan untuk pembangunan perpustakaan hanya saja tertunda, Alhamdullih pada hari ini dengan kedatangan tim dari tataran pemerintah pusat mulai dari pihak perpusnas, bappenas dan kementerian keuangan ini merupakan suatu wujud bahwa tahun 2021 sudah dialokasikan dana khusus fisik untuk pengadaan pembangunan perpustakan provinsi kep. babel”, ungkap Wagub Abdul Fatah.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub juga menyampaikan arahan kepada instansi OPD terkait untuk mempersiapkan dan menyusun dokumen-dokumen pengadaan yang dibutuhkan sebagaimana ketentuan.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani