Pembukaan Workshop E-smart IKM Tingkatkan Produktivitas Pengrajin Kep. Bangka Belitung

PANGKALAN BARU - "Maju Terus Pantang Menyerah Perajin Seni Budaya". Begitu potongan lirik Hymne Dekranas yang dinyanyikan begitu indah pada kegiatan pembukaan Workshop E-Smart IKM, di Gale-gale Resto, Pangkalan Baru, Kamis (27/2/20).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan kunjungan kerja Ketua Dekranas Pusat, Wury Ma'ruf Amin ke Kep. Bangka Belitung. "Selain itu, kegiatan ini juga untuk menindaklanjuti program dekranas yang salah satu tujuannya untuk meningkatkan produktivitas pengrajin di Prov. Kep. Bangka Belitung melalui penyelenggaraan bimbingan teknis workshop dan bantuan fasilitas perdagangan serta peralatan," ungkap Tito Karnavian selaku Ketua Harian Dekranas.

Ketua Dekranasda Kep. Bangka Belitung, Melati Erzaldi, berterima kasih kepada Ketua Dekranas Wury Ma'ruf Amin, karena hal ini dapat menjadi wadah untuk sinergi dalam mengembangkan kerajinan daerah di Kep. Babel serta selalu semangat dan berinovasi berkarya.

Ketua Dekranasda Melati Erzaldi juga mengingatkan pentingnya mendorong semangat kewirausahaan agar tetap kreatif, inovatif, dan open minded. Karena pada era industri 4.0, teknologi telah merubah pola pikir masyarakat dari konvensional menjadi digital. Semua dipermudah dengan bantuan teknologi. Menurutnya teknologi jadi tantangan yang seriusbagi para pelaku IKM untuk mengikuti perkembangan zaman, pengrajin untuk tidak hanya membuat produk yang baik, lebih dari itu mampu mengimplementasikan teknologi untuk up to date untuk mempromosikan produk serta memperbaiki pelayanan. 

Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Kep. Babel, Melati Erzaldi berterima kasih sebesar besarnya pada pengrajin Babel. Menurutnya, pengrajin Babel merupakan pejuang Bangka Belitung yang sesungguhnya. Karena dengan semangat dan optimismenya, produk ekonomi akan terus bergerak tumbuh sehingga terus bisa memiliki harapan untuk mewujudkan kemandirian dan kemakmuran bagi masyarakat Babel.

"Melalui upaya terus menerus dan tidak mengenal lelah kami berkeyakinan dapat menjadikan pelaku kerajinan di Bangka Belitung sebagai pemenang tidak hanya di pasar lokal dan domestik. Namun juga menjadikan produk babel superior di level regional serta internasional," ungkap Ketua Dekranasda Kep. Babel, Melati Erzaldi.

"Dekranas punya peran strategis sebagai mitra pemerintah dalam menggali melestarikan dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa serta mendorong perluasan pasarnya baik secara online dan offline," ungkap Ketua Dekranas Wury Ma'ruf Amin.

Dekranas menjadi mitra penting pemerintah dalam melindungi dan membina pengrajin agar lebih sejahtera. Oleh karena itu, Ketua Dekranas Wury Ma'ruf Amin berterima kasih kepada Dekranasda Kep. Bangka Belitung, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan karena telah membuat kegiatan yang positif ini.

"Diharapkan kerajinan nasional jadi faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Ini merupakan wujud kerja sama dekranas pusat dan dekranas daerah," ungkapnya.

Workshop E-smart IKM ini diikuti peserta sebanyak 200 orang yang akan dilaksanakan di Hotel Santika. Dalam kegiatan pembukaan ini diserahkan fasilitas perdagangan secara simbolis serta fashion show untuk menunjukkan produk tenun cual khas Babel.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Uki
Fotografer: 
Iyas zi
Editor: 
Listya