Pemda Wajib Menyusun LPPD

Tanjungpandan – Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) merupakan kewajiban dan harus dipenuhi. Ini menjadi dasar pemerintah pusat melakukan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah dan sebagai bahan pembinaan. Sehingga tercapai tujuan penyelenggaraan otonomi daerah.

Ellyana Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, LPPD bertujuan menilai kinerja pemerintah daerah. Ini sesuai perundang-undangan. Sedangkan pelaporan dan evaluasi pemerintah daerah secara elektronik bertujuan meningkatkan efisiensi ketepatan dan otomatisasi pengolahan data.

“Ini dapat mempermudah proses analisa evaluasi kinerja penyelenggara pemerintah daerah,” jelasnya saat kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Penyusunan LPPD di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tahun anggaran 2015, di Hotel Bahamas, Kabupaten Belitung, Rabu (3/6/2015).

Dijadwalkan kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, terhitung tanggal 3 hingga 5 Juni 2015. Sejumlah aparatur dari beberapa SKPD di lingkungan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota menghadir kegiatan yang dimotori Biro Pemerintahan tersebut.

Peringkat penyusunan LPPD se-Indonesia tahun 2013, jelasnya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada pada posisi ke-12 dari 33 provinsi. Selanjutnya di tahun 2014 mengalami penurunan peringkat setelah berada di urutan 14 dari 34 provinsi. Sementara untuk beberapa kabupaten di provinsi ini, Kabupaten Bangka Tengah menempati posisi tertinggi.

“Di antara kabupaten lainnya di Bangka Belitung, Kabupaten Bangka Tengah berada di peringkat ke-53,” ungkapnya.

Kemudian disusul Kabupaten Belitung Timur di peringkat ke-54. Ia menambahkan, sedangkan untuk Kabupaten Belitung, Bangka, Bangka Barat dan Bangka Selatan masing-masing berada di peringkat 181, 221, 222 dan 316. Kota Pangkalpinang menempati posisi 35 dari 91 kota di Indonesia.

“Sebanyak 383 kabupaten/kota se-Indonesia masuk dalam penilaian ini,” jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Yanda Yuliana
Fotografer: 
Yanda Yuliana
Editor: 
Huzari