Pemerintah Ajak Swasta dan Masyarakat Lebih Inovatif

Tanjung pandan – Untuk menjawab dinamika kepariwisataan di Bangka Belitung kedepan, Pemerintah Bangka Belitung mengajak pihak swasta dan masyarakat untuk  meningkatkan daya saing dengan membuat paket-paket wisata yang lebih inovatif, beragam, tidak monoton serta tepat sasaran pada objek wisata yang dituju.

Hal tersebut diungkapkan M. Nasir, Kepala Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kelembagaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat memberikan sambutan pada Bimbingan Teknis Pembuatan Paket Wisata, di Billiton Hotel, Selasa 12 November 2013.

“kecenderungan kita ini masih belum inovatif dalam berkreasi buat paket wisata”, kata Nasir.   

Nasir menyadari bahwa dalam membangun kepariwisataan seperti sektor lainnya perlu melibatkan peran dari seluruh pemangku kepentingan yang ada sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing.

Pemerintah sebagai pembuat kebijakan (regulator) dan pendukung pelaksanaan pariwisata, sedangka swasta berperan sebagai pengembang atau pelaksana pariwisata sendiri. Dan yang terakhir masyarakat yang memiliki aset atau sumberdaya adat istiadat/tradisi budaya berperan sebagai tuan rumah dan juga pengembang pariwisata itu sendiri,ungkap  Nasir.

“ada pemerintah sebagai pembuat kebijakan, swasta sebagai pelaku industri pariwisata, dan masyarakat sebagai pelaku pengembangan kepariwisataan”, jelasnya.

Untuk mendukung keberhasilan sektor pariwisata pemerintah sangat berharap para pelaku industri ini sadar akan posisi, peran dan potensinya masing-masing.

Menurut Nasir pembuatan paket wisata dalam rangka mengembangkan Belitung sebagai destinasi wisata merupakan implementasi perjalanan (travel pattern) di Bangka Belitung yang telah dilaksanakan dan ditetapkan pada tahun 2012 kemarin.

Yang tidak kalah penting mengingat era perdagangan bebas asia, Nasir menegaskan  sumber daya manusia yang berdaya saing harus memiliki keterampilan dan ilmu pengetahuan yang tinggi.

Nasir berharap dengan adanya kegiatan pembuatan paket wisata tematik ini dapat menambah wawasan kita, serta dapat membawa dampak positif ekonomi Provinsi Bangka Belitung ke arah yang lebih baik.

Kegiatan ini yang berlangsung dua hari ini beragendakan bimbingan teknis dan orientasi lapangan yang diikuti oleh pelaku industri wisata seperti agen perjalanan wisata dan usaha daya tarik wisata.(sc/fa)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari | Fajrina Andini
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Fajrina