Pemerintah Sangat Peduli Dengan Kesejahteraan Lanjut Usia

Pangkalpinang – Dinas Kesejahteraan Sosial pada hari ini melaksanakan kegiatan sosialisasi peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia dan sekaligus merayakan hari lanjut usia yang diselenggarakan di Gedung pertemuan LPMP Provinsi kepulauan Bangka Belitung, dengan mengusung tema “Lanjut usia teladan sepanjang masa”, kamis (20/6).

Acara tersebut dimulai dengan tarian adat warisan putri nanas, untuk menghibur para tamu undangan. Tampak hadir diantaranya Ketua Umum Komisi Daerah Lanjut Usia (KOMDA LANSIA) Rustam Effendi, yang dikenal dimasyarakat sebagai wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial Sahirman Jumli, dan para Lansia yang berjumlah 125 orang dari anggota KOMDA LANSIA, juga tokoh masyarakat ibu-ibu pengajian.

Disampaikan oleh Sahirman dalam sambutannya, bahwa untuk kondisi Komisi Daerah Lanjut Usia di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ini, yang terbentuk baru dari enam Kabupaten, sedangkan dari Kota Pangkalpinang sendiri masih belum terbentuk. Walaupun begitu, semua program pemerintah sudah dilakukan untuk Kesejahteraan Lanjut Usia.

“Kita juga berharap, semoga apa yang sudah dilakukan oleh Dinas Kesejahteraan Sosial, dapat meningkatkan kesejahteraan para orang tua kita,” ujar Sahirman.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Rustam Effendi juga menyampaikan sambutannya. Beliau mengatakan, bahwa pemerintah mempunyai komitmen yang tinggi terhadap pelayanan kesejahteraan lanjut usia. Hal ini tercermin dengan telah diterbitkannya berbagai perangkat peraturan perundang-undangan penanganan lanjut usia yang cukup memadai, sebagai landasan atau pedoman bagi penyelenggaraan kegiatan pelayanan Kesejahteraan Lanjut Usia. Diantaranya Undang-undang Nomor 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2004 tentangPelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia, Keputusan Presiden Nomor 52 tahun 2004 tentang Komisi Nasional Lanjut Usia, serta Pereturan Menteri Dalam Negeri Nomor 60 tahun 2008 tentang Pedoman Pembentukan KOMDA Lanjut Usia dan Pemberdayaan Lanjut Usia di Daerah.

“Saat ini di Provinsi kita telah terbentuk KOMDA LANSIA dari tingkat Provinsi hingga tingkat Kabupaten. Berbagai upaya dan program telah dilaksanakan untuk meningkatkan Kesejahteraan Lanjut Usia, walaupun belum sebanding dengan jumlah lanjut usia yang ada di Provinsi kita, sebanyak 73.808 orang, dengan jumlah lanjut usia non potensial sebanyak 4.505 orang,” ungkap Wagub Rustam Effendi.

Berbagai progam yang telah diupayakan oleh pemerintah antara lain, pemberian bantuan dana asistensi sosial bagi lanjut usia non potensial yang diberikan kepada 350 orang lanjut usia. Dimana masing-masing lansia mendapatkan bantuan dana sebesar Rp. 200.000/bulan selama 12 bulan. Pemberian bantuan dana usaha ekonomi produktif, kepada 100 orang lanjut usia yang masih potensial, pemberian bantuan bahan makanan kepada 100 orang lanjut usia yang membutuhkan, kerjasama dengan berbagai sektor swasta melalui program Corporate Social Resposibility (CSR), penguatan dan peningkatan peran Komisi Daerah Lanjut Usia di berbagai sektor.

Kemudian acara dilanjutkan dengan memberikan bantuan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Rustam Effendi selaku Ketua Umum Komisi Daerah Lanjut Usia. Kemudian acara dilanjutkan dengan senam anti stroke yang meriah bersama-sama para tamu undangan sebelum menikmati hidangan makan siang. (K5/TMC)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Khalimo