Pemprov Babel Akan Siapkan 20 Pos Layanan Pengaduan Konsumen di Babel

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Babel akan menyiapkan 20 titik Pos Layanan Pengaduan Konsumen (PLPK) di Babel, Jumat (23/10/2020).

Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Babel, Fadjri Djagahitam, SH menjelaskan, 20 titik PLPK rencananya akan dilaksanakan di seputaran Babel dan hingga kini baru tiga yang terlaksana yaitu di Pasar Sungai Selan, Puncak Mall Sungailiat, dan Puncak Mall Pangkalpinang. 

Menurutnya, pelaksanaan PLPK ini akan dilaksanakan di sejumlah pasar tradisonal dan pasar modern kabupaten dan kota.

“Rencananya sampai akhir tahun, ada 20 titik dan baru tiga titik yang telah terlaksana,” katanya.

Kabid Fadjri Djagahitam menjelaskan lebih lanjut bahwa maksud dari pelaksanaan PLPK adalah untuk menyediakan wadah pengaduan konsumen bagi masyarakat dan membantu menyelesaikannya.

Tujuan dari pelaksanaan PLPK, untuk melindungi konsumen dari akses negatif pemakaian barang dan jasa yang tidak memenuhi persyaratan aspek keamanan, keselamatan, dan kesehatan. Selain itu, menyediakan wadah untuk menampung pangaduan konsumen serta memberikan informasi kepada masyarakat selaku konsumen mengenai hak-hak dan kewajibannya.

Oleh karena itu, harapannya dengan adanya PLPK, masyarakat selaku konsumen mempunyai kesadaran untuk melakukan pengaduan ataupun melaporkan pelanggaran yang terjadi terkait dengan barang atau jasa yang beredar. Sehingga, hak-hak mereka sebagai konsumen dapat terlindungi. Memotivasi pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan dan mampu bersaing di pasar global. 

Kepala Seksi Kelembagaan dan Pemberdayaan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Babel, Zurista menambahkan tahun 2020 PLPK hanya bisa dilaksankan di sejumlah pasar tradisional dan pasar modern yang berada di Pulau Bangka saja. Hal itu terjadi karena, semakin mewabahnya Covid-19 dan untuk mencegah penyebarluasan virus tersebut.

Namun demikian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel siap menampung pengaduan konsumen dari masyarakat Babel dengan mengubungi nomor telepon 08117109666 atau bisa langsung datang ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel, Komplek Perkantoran Gubernur Babel dekat Kantor Dinas Penanaman Modal Dan Layanan Terpadu Babel.

Sumber: 
Disperindag
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Listya