Pemprov. Babel Beri Ruang Apresiasi Seni Literasi Untuk Pelajar.

PANGKALPINANG- Pegiat Literasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang tergabung di Komunitas Kilometer Nol melanjutkan kegiatan Membedah Buku jilid 3 di Lapangan Hijau Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (30/11/20). 

Kegiatan yang diprakarsai para Sastrawan Babel yang berkerja sama dengan DKPUS seperti Ian Sancin, Dedi Kelana, Ira Esmelda, dan Ningrum akan membedah puisinya masing-masing dengan disaksikan peserta dari siswa-siswi SMA/SMK se-Pangkalpinang. 

Menurut Kepala DKPUS Babel, Asyraf Suryadin, melalui kegiatan ini masyarakat menjadi tahu bahwa DKPUS Provinsi Babel bisa menjadi wadah bagi mereka yang ingin berkumpul dengan berbagai macam aktivitas.

"Agar dapat menambah wawasan, di Provinsi Babel ada perpustakaan provinsi yang siap menampung aktivitas positif dari masyarakat," jelasnya. 

Sastrawan Rudi Semprul mengapresiasi sambutan kepala DKPUS yang mendukung kegiatan pencinta seni Babel dengan memberikan ruang kepada para pelajar di Pangkalpinang untuk lebih mengenal tentang buku, sastra, dan puisi.

Hal yang sama diungkapkan juga Budi Utomo, salah satu guru dari SMK Negeri 4 Pangkalpinang. Budi Utomo merasa sangat terbantu dengan diadakannya kegiatan seperti ini.

"Siswa dapat belajar langsung dari sumbernya, tidak melulu harus di kelas karena dengan datang ke acara seperti ini, berarti siswa dapat mengetahui langsung tentang dunia sastra," ungkapnya. 

Selain membedah buku, kegiatan ini dimeriahkan penampilan pementasan puisi dalam bentuk lagu (musikalisasi puisi) dengan musik khas daerah yang dikemas secara modern oleh para siswa SMK Negeri 4 Pangkalpinang.

Selaku sastrawan senior, Ian Sancin mengharapkan, dari kegiatan ini dapat merangsang pelajar untuk menulis sastra minimal puisi dengan tema apa pun sehingga muncul penulis baru yang handal, aktif, dan progresif di masa mendatang.
 

Sumber: 
DKPUS
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Munawar
Editor: 
Listya Anindita