Pemprov. Babel Dirikan Posko Nataru di Pelabuhan Tanjung Kalian

PANGKALPINANG - Menjelang Natal 2020  dan Tahun Baru 2021 (Nataru), Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Dishub Babel) telah mempersiapkan Posko Nataru yang dapat digunakan para pengguna jasa penyeberangan laut yang ada di Pelabuhan Penyeberangan ASDP Tanjung Kalian, Muntok, Kabupaten Bangka Barat. 

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, KA Tajuddin mengatakan dengan adanya Posko Nataru ini, masyarakat yang melakukan perjalanan melalui jalur penyeberangan laut dari Pulau Bangka ke Palembang dapat mencari informasi tentang keberangkatan kapal, pelayanan rapid tes antigen, dan informasi lain yang dibutuhkan. 

“Kegiatan Posko Nataru adalah satu agenda rutin yang kita selenggarakan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan cara mengerahkan personil untuk mendirikan posko, terutama di pusat keramaian penumpang yang akan berangkat mudik. Untuk tahun ini kita bangun Posko Nataru di Tanjung Kalian Muntok,” ungkapnya

Tanjung Kalian dipilih sebagai lokasi Posko Nataru karena wilayah ini merupakan salah satu pintu masuk dan keluar Bangka melalui jalur laut sehingga masyarakat yang akan melakukan penyebrangan dapat menerima informasi di petugas posko tersebut.

“Ketika penumpang membutuhkan informasi keberangkatan kapal dan info lain mengenai kapal bisa ditemukan di Posko Nataru, karena dalam posko inu akan ditugaskan petugas Dishub provinsi maupun daerah selain itu juga, terdapat petugas kesehatan, kepolisian, satgas Covid-19, dan pihak terkait lainnya,” ungkapnya. 

Harapannya, dengan adanya posko tersebut, masyarakat akan terbantu karena personil yang ada di dalamnya sudah tergabung bersama  instansi terkait lainnya sehingga sistem kerjanya menjadi terpadu, semua informasi terkait dengan penyeberangan  tersebut bisa didapatkan.

Posko Nataru ini juga dapat digunakan masyarakat sebagai tempat istirahat, dan melepas lelah dari perjalanan yang dilakukan.

“Saya berharap dengan tersedianya Posko Dinas Perhubungan Babel di Pelabuhan Tanjung Kalian tersebut dapat meningkatkan rasa nyaman dari para penumpang ataupun dari para orang yang bepergian baik yang datang maupun yang berangkat sehingga, perayaan natal dan tahun baru terasa lebih nyaman,” ungkapnya.

Kadis Tajuddin mengimbau kepada penumpang yang menggunakan jasa pelabuhan penyeberangan ASDP Tanjung Kalian untuk melaksanakan protokol kesehatan 3M serta membawa surat keterangan rapid tes antigen nonreaktif sebelum berangkat, agar dalam proses administrasi hingga berangkat dapat berjalan dengan lancar. 

“Imbauan kepada masyarakat yang akan bepergian tetap mengikuti protokol kesehatan kemudian juga melengkapi persyaratan untuk berangkat tersebut dengan surat keterangan rapid test antigen nonreaktif serta mengikuti protokol kesehatan juga mendengarkan dan memahami arahan dari para petugas di lapangan karena dengan cara mengikuti hal-hal seperti itu dipastikan lebih terjamin dalam kelancaran kenyamanan perjalanan,” pungkasnya.

Sumber: 
Dishub
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Listya