Pemprov. Babel Resmi Launching Pasar Mitra Tani Sekaligus Bazar Pangan Murah

PANGKALPINANG – Dinas Pangan Prov. Kepulauan Bangka Belitung secara resmi meluncurkan Pasar Mitra Tani, Rabu (25/11/20), di Jalan Pulau Bangka, Kelurahan Bukit Intan, Pangkalpinang. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan Bazar Pangan Murah yang digelar pada hari Rabu hingga Jumat tanggal 25–27 Novermber 2020 di tempat yang sama. 

“Pemerintah membentuk Pasar Mitra Tani ini dalam rangka membantu masyarakat sebagai konsumen untuk membeli komoditas pangan langsung dari gapoktan/supplier. Selain itu, pemerintah juga ingin memberikan kesempatan pada gapoktan/supplier dalam memasarkan langsung produknya. Dan yang terakhir, sebagai upaya pemerintah atas pengendalian harga pasar,” jelas Toni Batubara, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dalam sambutannya.

“Saya harap program ini akan lebih baik lagi ke depannya,” tutupnya.

Di saat yang sama, Kepala Dinas Pangan, Syaifuddin menjelaskan tujuan dilaksanakannya launching Pasar Mitra Tani adalah untuk memfasilitasi penyediaan penyaluran komoditas pangan dari gabungan kelompok tani (gapoktan) sehingga, dapat memberikan kemudahan akses konsumen terhadap bahan pangan pokok dengan harga terjangkau.
 
“Kami mengimbau kepada masyarakat agar belanja di Pasar Mitra Tani. Karena, selain harganya lebih murah, pasar tani juga menyediakan komoditas pangan segar langsung dari distributor,” jelasnya.             

Selain itu, Pasar Mitra Tani juga menyediakan aneka pangan olahan kreasi ibu-ibu KWT seperti sirup jeruk kunci, aneka keripik sehat, dan lainnya.

Dalam kesempatan ini, Dinas Pangan menggandeng 9 distributor pangan strategis untuk bergabung dan bekerja sama dengan Pasar Mitra Tani, yang dituangkan dalam perjanjian kerja sama. Penandatangan perjanjian kerja sama secara simbolis diwakili oleh distributor Cabe Merah dan Bawang H. Awi. 

Adapun nama distributor pangan strategis yang bekerjasama dengan Pasar Mitra Tani antara lain Bulog, Distributor Cabe dan Bawang H. Awi, CV Menara, CV Sumber Alam Lestari, Hypermart BTC, PT Rantai Mas, Giant, Broker Daging Ayam, dan Pelaku Usaha Pangan Lokal/UMKM/KWT Kota Pangkalpinang. Produk yang dijual di antaranya kebutuhan pangan pokok seperti, minyak, beras, terigu, gula, telur, ayam segar, daging sapi, bawang putih, bawang merah, dan banyak lagi.

Turut hadir dalam acara ini adalah Staf Ahli Gubernur, Kepala Dinas Pangan Provinsi, Plt. Kepala Dinas Pertanian Kota Pangkalpinang, Kepala Perum Bulog, dan Perwakilan OPD Provinsi sebagai tamu undangan.

“Harapan saya, Pasar Mitra Tani dapat lebih dikenal masyarakat secara luas, serta berfungsi maksimal sebagai penyedia pangan murah dan berkualitas,” tutup Kepala Dinas Pangan Syaifuddin dalam sesi wawancara.

Sumber: 
Dinas Pangan
Penulis: 
Dini
Fotografer: 
Dini
Editor: 
Listya