Pemprov. Babel Siap Dukung Kegiatan Untuk Memajukan Kompetensi Perempuan Babel

PANGKALPINANG - Asisten Umum dan Pemerintahan Setda Prov. Kepulauan Babel, Yulizar Adnan, mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi narasumber dalam webinar bertema "Ibu yang Kuat, Imun Bagi Keluarga", pada Rabu (15/7/20) melalui aplikasi zoom.

Kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh DP3ACSKB Prov. Kepulauan Babel ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan Hari Anak Nasional (HAN) 2020 dengan tujuan agar bisa berkomunikasi dengan baik.

Asisten Yulizar Adnan mengatakan bahwa saat ini banyak bentuk perhatian Pemprov. Kepulauan Babel dalam membangun perempuan di Babel. Dalam penjelasannya, apapun profesinya, perempuan memegang peran penting dalam pembangunan. Ke depan Pemprov. Kepulauan Babel siap mendukung kegiatan yang bertujuan untuk memajukan kompetensi perempuan di Babel.

Dirinya mengemukakan bahwa ada beberapa permasalahan yang sering dihadapi dan dialami perempuan di Bangka Belitung ini, di antaranya berkaitan dengan kemiskinan, diskriminasi, kekerasan, dan eksploitasi.

Pemprov. Kepulauan Babel dalam mengatasi hal-hal tersebut, melalui kebijakan dan langkah-langkah yang diambil Gubernur Kepulauan Babel yang dituangkan dalam RPJMD 2017-2022 di dalam misi yang ketiga yaitu meningkatkan SDM unggul dan handal.

"Dalam upaya memajukan pembangunan pemberdayaan perempuan, maka Pemprov. Kepulauan Babel menyusun beberapa Peraturan Daerah (Perda), beberapa di antaranya adalah pertama, Perda No.9 Tahun 2019 tentang Pengarusutamaan Gender, Perda No. 12 tahun 2019 tentang Pembangunan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Pergub No. 34 Tahun 2020 tentang Sekolah Perempuan 'Sekuntum Melati'," ungkapnya.

Langkah lebih lanjut yang dilakukan oleh Pemprov. Kepulauan Babel dalam memajukan kesejahteraan perempuan yaitu melakukan MoU dengan UN Women, Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur yang mendukung peningkatan kapasitas perempuan.

Asisten Yulizar Adnan menambahkan, Sekolah Sekuntum Melati merupakan sekolah yang bertujuan untuk membuat perempuan jadi mandiri dan terlatih melalui pendidikan jalur informal agar dapat meningkatkan ekonomi keluarga yang juga tentunya akan berdampak juga memajukan ekonomi masyarakat.

Pemprov. Kepulauan Babel juga melakukan sinergisitas program pembangunan pemberdayaan perempuan di Babel antar OPD dan lembaga terkait seperti DP3ACSKB, DKP, KUMKM, dinsos, disnaker, BKKBN, dan PKK.

Webinar ini juga menghadirkan narasumber lainnya di antaranya Ketua TP PKK Prov. Kepulauan Babel, Melati Erzaldi; Ketua Sekretariat KPAI, Elita Gafar; dan Asesor Kompetensi BNSP Bidang UMKM dan Wirausaha Indonesia, Deni Meidiani.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lisia Ayu
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Listya