Pemprov. Babel Temui Aksi Tolak Kapal Isap Produksi Bangka Selatan.

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Sekda Babel), Naziarto, Rabu (11/11/20) pagi, menemui perwakilan warga Kabupaten Bangka Selatan yang melakukan aksi orasi terkait penolakan beroperasinya Kapal Isap Produksi (KIP) di wilayah mereka, yang dilakukan di depan Halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. 

Dalam tuntutannya para warga yang kebanyakan bermata pencaharian sebagai nelayan menuntut ditutup atau beroperasinya kapal isap di wilayah perairan Bangka Selatan karena, dengan adanya kapal isap tersebut mata pencaharian mereka sebagai nelayan terganggu. 

Pihaknya dalam hal ini juga telah mengajukan tuntutan yang sama kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab. Basel) namun, belum ada tanggapan hingga saat ini sehingga, mereka berinisiatif untuk menghadap langsung ke Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. 

Menanggapi hal itu, Sekda Babel, Naziarto yang pernah menjabat sebagai sekda di Pemkab. Basel memahami hal yang menjadi persoalan. 

Terkait KIP ini, pihaknya menganjurkan agar dihentikan dulu operasionalnya, sambil menunggu keputusan yang diinginkan oleh masyarakat sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. 

Dengan adanya aksi yang dilakukan oleh warga Bangka Selatan ini menurutnya, berarti belum ada sosialisasi kepada masyarakat. 

Langkah pemerintah ke depan seperti yang dituntut oleh para warga, yaitu cara menyikapi bersama-sama dengan pihak terkait, termasuk pihak PT Timah, maupun dengan pihak aparat hukum kalau memang ada unsur pelanggar hukum di sana. 

Atas perintah Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Sekda Naziarto akan mendampingi dan menemui para masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya, serta memberi informasi yang benar. 

Sekda Babel Naziarto mengapresiasi langkah warga Bangka Selatan yang melakukan aksinya secara spontan, dengan penuh moralitas yang tinggi, tanpa melakukan tindakan anarkis 

"Saya menghargai sikap masyarakat. Ini menunjukkan bahwa mereka bukan memikirkan untuk diri seseorang, tetapi atas nama masyarakat yang ada di Bangka Selatan," ungkapnya.

Sekda Babel Naziarto pun mengundang beberapa perwakilan dari para warga Bangka Selatan untuk masuk ke dalam kantornya, menuliskan poin-poin yang menjadi aspirasi mereka yang selanjutnya akan disampaikan kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang saat ini tengah melaksanakan tugas penting di daerah.
 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Saktio
Editor: 
Listya Anindita