Pemprov Bakal Melengkapi Infrastruktur Kawasan Pesisir

Pangkalpinang – Pengembangan kawasan pesisir menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Salah satu upaya mengembangkan kawasan tersebut dengan melakukan pembangunan berbagai fasilitas dan infrastruktur. Diharapkan langkah ini dapat menumbuhkembangkan sektor pariwisata.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, pengembangan kawasan pariwisata pesisir harus didukung dengan berbagai fasilitas dan infrastruktur seperti dermaga marina (pelabuhan khusus bagi kapal pesiar-red), pusat bisnis, perahu rekreasi dan peralatan-peralatan pendukung lainnya. Hal ini guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung.

“Perlu adanya kerja sama antar sektor, baik di tingkat pusat, provinsi dan daerah,” jelasnya saat Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Hotel Puncak, Senin (16/03/2015).

Selain meningkatkan kerja sama antar sektor, jelasnya, pelaku dan asosiasi pariwisata juga dapat difungsikan untuk mengembangkan sektor pariwisata di Bangka Belitung yang berkelanjutan. Sebagaimana diketahui, Bangka Belitung mempunyai karakteristik pariwisata kebaharian, sehingga harus didukung dan dikembangkan.

Tak hanya itu, sebab Gubernur juga berharap agar letak geografis Bangka Belitung yang berada di jalur rol laut Indonesia dimanfaatkan dengan baik. Sehingga dapat menggali potensi wisata bahari. Pulau-pulau kecil dengan pasir putih dan bebatuan granit harus dikelola.

“Kita harus menyiapkan sarana dan prasarana seperti pelabuhan, bandara, infrastruktur serta penginapan. Sehingga kenaikan jumlah wisman di Babel dapat tercapai,” harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto | Adit Tri Saputra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari