Pemprov Bangka Belitung Menerima Kunjungan Forum Kerjasama Pengembangan Pariwisata JAVA PROMO

Pangkalpinang –  Dalam rangka membangun sinergisitas pembangunan sektor pariwisata antar daerah, kegiatan aktivitas komunikasi pembangunan kepariwisataan antar pemerintah daerah dalam upaya menunjang kesejahteraan sosial kultural maupun ekonomi masyarakat terus dilakukan oleh pemda.

Demikian diungkapkan kepala BAPEDDA dan statistik pemerintah provinsi kepulauan bangka Belitung, Yan Megawandi, mewakili gubernur kepulauan bangka Belitung saat menerima kunjungan forum kerjasama pengembangan pariwisata antar kabupaten/kota “ JAVA PROMO” yang terdiri dari gabunganpimpinan instansi/dinas kebudayaan dan pariwisata serta Bappeda pemerintah daerah jawa tengah dan D.I Yogyakarta pada hari senin 29/09 di hotel santika.  Turut hadir malam itu kepala dinas kebudayaan dan pariwisata kota pangkalpinang, Ahmad Elfian, kepala dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten bangka tengah, kemudian ketua PHRI, Suyatno dan ketua ASITA provinsi kep. bangka belitung.

 “ bagian yang terpenting dari acara malam ini pertama selain dalam rangka menjalin tali silahturahmi, kemudian yang kedua kita bertukar informasi dan mempererat komunikasi untuk saling belajar supaya mendapat manfaat yang sebesar-besarnya dari kunjungan pihak Java Promo ini”.

Pada pertemuan tersebut Yan Megawandi juga mengungkapkan langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah daerah bangka Belitung dalam mempercepat pembangunan kepariwisataan di daerah, Pertama melalui pembentukan institusi pariwisata baik di tingkat kabupaten/kota guna mencapai  sasaran strategis pengembangan sektor pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan sosial kultural maupun ekonomi masyarakat yang dibangun melalui sektor pariwisata,

Kedua, pelaksanaan event – event kebudayaan seperti pada tahun 2010 kami mencanangkan program visit bangka Belitung achipelago 2010, kemudian tahun 2015 ini kami mencanangkan program Visit Pangkalpinang dan kami juga menyelenggarakan beberapa event lainnya guna meningkatkan kunjungan angka wisatawan, ungkap Kepala Bappeda Yan megawandi dalam sambutan mewakili gubernur.

Sementara itu,masih terkait upaya pembangunan kepariwisataan di daerah  sekretaris bersama “ JAVA PROMO” Dr Sunarto, M.Kes dalam sambutannya juga mengungkapkan akan perlunya sinergisitas dan kolaborasi  melalui membangun jejaring informasi antar pelaku sektor pariwisata guna menciptakan konektivitas destinasi wisata antar daerah, ungkap Dr Sunarto, M.Kes dalam sambutannya.

 “ destinasi merupakan tempat dimana harus untuk dikunjungi wisatawan, hanya untuk mengarahkan supaya wisatawan ini melakukan kunjungan ke  tempat-tempat wisata tidak saja pada satu tempat ini perlu adanya link atau jejaring antar pelaku industri wisata, ungkap Dr Sunarto, M.Kes.

Adapun rangkaian kegiatan kunjungan forum kerja sama pengembangan pariwisata antar kabupaten/kota “ JAVA PROMO” diantaranya studi orientasi pengembangan pariwisata (studi banding ke BAPPEDA Provinsi kep. bangka Belitung), kunjungan ke belitung dalam rangka studi kawasan strategis pariwisata provinsi kepulauan bangka Belitung dan kegiatan promosi melalui travel dialog dengan pelaku industri pariwisata. (sm/tim mc)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Stevani