Pemprov Dukung Program BPS Babel

Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkomitmen mendukung semua program Badan Pusat Statistik (BPS). Salah satu program yang telah sukses digelar BPS di antaranya sensus pertanian. Sensus ini sebagai modal pengembangan sektor pertanian di Bangka Belitung.

“Salah satu wujud BPS melengkapi sarana dan prasarana representative memperkuat, mengembangkan teknologi informasi. Gubernur terus memberi perhatian dan dukungan terhadap berbagai kegiatan BPS di antaranya sensus dan survei,” kata Hendra Kusuma Jaya, Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kepulauan Bangka Belitung saat peresmian Gedung BPS Bangka Belitung, di Komplek Perkantoran Provinsi, Kelurahan Airitam, Kamis (6/11/2014).

Hal senada disampaikan Suryanin Kepala Badan Pusat Statistik RI. Ia mengharapkan agar BPS bisa menghasilkan data berkualitas dalam rangka membantu dan mendukung pembangunan yang dilakukan pemerintah provinsi. Sehingga dapat memberikan pelayanan kepada pengguna data, baik itu pemerintah, dunia usaha, maupun perguruan tinggi dan masyarakat.

”Dengan adanya gedung baru ini, semoga dapat menghasilkan data berkualitas dan memberikan pelayanan yang baik kepada pengguna data,” ungkapnya.

Kehadiran gedung baru tidak hanya sebagai fasilitas pendukung bekerja sehari-hari. Ia menambahkan, fasilitas yang ada menjadi bagian tak terpisahkan dari proses penguatan organisasi atau cerminan dari institusi. Sebab gedung bagus bukan hanya sebagai fasilitas, tapi menjadi cerminan organisasi. Prototype gedung Badan Pusat Statistika memang dibuat hampir sama se Indonesia, diharapkan masyarakat bisa mengenal melalui ciri khas gedung tersebut baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Gedung BPS di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini adalah gedung paling efisien dan bagus, sesuai dengan tekad kami dalam penggunaan anggaran pembangunan baik fisik atau non fisik dengan seefisien dan sehati-hati mungkin. Dipelihara, dijaga dan digunakan sebaik mungkin gedung yang telah dibangun ini,” jelasnya.

Sementara Herum Fajarwati Kepala BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, ada tiga gedung telah dibangun yaitu, berlokasi di Pangkalpinang, Kabupaten Bangka dan Kabupaten Belitung. Pembangunan tersebut telah dimulai sejak tahun 2013, dan diselesaikan di tahun 2014 dengan prototype serupa.

“Dengan berdirinya kantor megah ini, tentu saja dapat menambah semangat pegawai BPS di wilayah Babel. Ini guna meningkatkan kinerja dengan mengedepankan nilai-nilai profesional, integritas dan amanah yang menjadi forfolio BPS,” harap Herum.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi
Fotografer: 
Fajrina
Editor: 
Huzari