Pemprov Janji Beri Kemudahan Pengusaha Berinvestasi

Jakarta – Peluang terbuka lebar diberikan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bagi pengusaha yang ingin berinvestasi. Selain mempunyai banyak potensi, secara geografis letak wilayah Bangka Belitung sangat strategis. Pasalnya wilayah kepulauan yang berada di ujung Pulau Sumatera ini menjadi bagian jalur perdagangan dunia.

“PTSP memberikan banyak kemudahan bagi investor, seperti kemudahan pengurusan perizanan. Ini sesuai dengan amanat UU No 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal,” kata Amrullah Harun, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di acara Business Investment Briefing, di Sari Pan Pasific Hotel, Selasa (26/8/2014).

Sejumlah investor menghadiri kegiatan tersebut. Pengusaha dari berbagai sektor ini diharapkan tertarik berinvestasi di wilayah Babel. Lebih jauh ia menjelaskan, Babel telah membentuk kawasan-kawasan industri di setiap kabupaten/kota. Seperti kawasan industri Jelitik, Ketapang, Muntok, Koba, Sadai, Air Kelik dan Suge.

Selain mendapatkan kemudahan dalam pengurusan perizinan, jelasnya, investor juga difasilitasi, disediakan prasarana dan kemudahan berupa bebas bea impor, PPh, pajak penambahan nilai barang mewah terhadap barang modal dan bahan baku.

“Jadi berinvestasi di Babel sangat menarik. Proses perizinan tidak membutuhkan waktu lama,” ujarnya.

Berbicara mengenai potensi investasi, ia mengatakan, pengusaha diberikan beberapa pilihan. Sebab selain sektor perdagangan dan perindustrian, Bangka Belitung juga mempunyai potensi di bidang pariwisata bahari. Khususnya Pulau Belitung yang sudah menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia. Untuk mendukung sektor wisata tersebut, telah dibangun hotel berbintang, rumah makan, tersedianya fasilitas transportasi serta fasilitas pendukung lain.

“Investasi di bidang pariwisata sangat menjanjikan,” paparnya di depan calon investor luar negeri yang tergabung dalam Eurocham.

Tampak menghadiri pertemuan ini Aloysia Endang Direktur Fasilitasi Promosi Daerah BKPM RI, Sahani Saleh Bupati Belitung, Sukirman Wakil Bupati Bangka Barat, dan beberapa pejabat kabupaten/kota di Babel.

Sementara Aloysia Endang mengatakan, Babel memiliki pantai indah seperti Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi shooting film Laskar Pelangi. Pantai indah tersebut menjadi aset sangat berharga dan menjadi sesuatu yang sangat potensial untuk dikembangkan. Tak hanya itu, berinvestasi di bidang pertanian, perikanan dan perindustrian juga sangat menjanjikan.

Lebih jauh ia menjelaskan, di Bangka Belitung terdapat kawasan pertanian karet, sawit dan lada putih (white pepper) yang sudah mendunia. Sedangkan di bidang perikanan dan hasil laut terdapat udang, tuna, rumput laut dan kerapuk. Babel juga memiliki sektor industri pengolahan timah, industri perikanan dan industri keramik.

"Mudah-mudahan investor dari beberapa negara yang tergabung dalam Eurocham dapat berinvestasi dan mengembangkan potensi di berbagai bidang, baik pertambangan, pertanian, perikanan, maupun pariwisata. Sehingga dapat meningkatkan PAD dan kesejahteraan masyarakat Babel," harapnya.

Menutup kegiatan ini, Hibson Effendi Kepala BPPTPM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, kegiatan Business Investment Briefing memiliki nilai besar dan strategis untuk Babel. Karena dapat menjadi sarana promosi secara langsung kepada calon investor. Diharapkan kegiatan ini memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, kata Hibson, melalui kegiatan ini ada pertemuan antara perusahaan-perusahaan bertaraf lokal hingga internasional, pemimpin industri untuk menampilkan inovasi, inisiatif dan teknologi yang mampu menghasilkan terobasan untuk memacu iklim investasi di Babel.

"Semoga setelah ini ada terobosan baru yang inovatif dan menampilkan teknologi demi memacu iklim investasi yang kondusif di Babel," harapnya.(*an)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Surianto
Editor: 
Surianto