Pemprov Rekrut Anggota KID

Pangkalpinang - Sebanyak lima putra putri terbaik bakal direkrut Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menjadi anggota Komisi Informasi Daerah (KID). Peluang ini terbuka bagi seluruh warga Bangka Belitung yang memenuhi persyaratan.

Jika berminat, warga dapat langsung mendatangi Sekretariat Tim Seleksi KID di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Marwan, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, pembentukan Komisi Informasi Dearah ini bertujuan untuk melaksanakan Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi.

Lebih jauh ia menjelaskan, selain menjalankan amanat undang-undang, pembentukan KID ini juga merupakan salah satu kepedulian pemerintah terhadap keterbukaan informasi. Sebab saat ini masih banyak informasi yang seharusnya diketahui masyarakat tanpa harus diminta ataupun diminta masyarakat secara resmi.

"Nantinya masyarakat akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi. Sebab jika menemui kesulitan untuk mendapatkan informasi, dapat melaporkan ke Komisi Informasi. Selanjutnya Komisi Informasi menyelesaikan sengketa terkait keterbukaan informasi tersebut," jelas Marwan, Selasa (27/8/2013).

Namun tak semua informasi dapat diakses masyarakat secara bebas. Dikatakan Marwan, sebab ada beberapa informasi sebagaimana diatur undang-undang tetap harus dijaga kerahasiaannya. Contohnya saja informasi mengenai pertahanan dan keamanan negara, tentunya ada beberapa informasi ini tak bisa diekspos secara bebas.

Lain halnya jika masyarakat ingin mengetahui program kerja yang dilakukan pemerintah. Marwan menegaskan, instansi, lembaga yang mengelola keuangan publik wajib menginformasikan kegiatannya kepada masyarakat. Ini merupakan salah satu implementasi pelaksanaan undang-undang mengenai keterbukaan informasi tersebut.

Berbicara mengenai perekrutan anggota komisioner ini, Marwan mengharapkan agar bebas dari aksi titip menitip. Sehingga anggota komisioner yang didapatkan benar-benar berkualitas sesuai dengan yang diharapkan. Setidaknya anggota komisioner nantinya harus menguasai Undang-Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi.

"Sebab anggota Komisi Informasi lah yang mengawal terlaksananya undang-undang keterbukaan informasi. Setelah melewati beberapa tahapan seleksi, akan diambil lima orang yang terbaik dan selanjutnya dilantik Gubernur Kepulauan Bangka Belitung," tegasnya.(hzr)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Huzari
Editor: 
Huzari