Pencapaian Target Kerja Tergantung Kematangan Perencanaan, Ini Perlu Formula Jitu

BELITUNG TIMUR -- Pencapaian target kerja tergantung kematangan perencanaan. Selain itu, untuk mengejar ketertinggalan di bidang teknologi informasi, sedikitnya Dinas Komunikasi dan Informatika harus mempunyai alokasi anggaran sekitar satu persen dari APBD.

Demikian dikatakan Sudarman Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ia menambahkan, saat ini perencanaan program kerja mesti dilakukan bersama-sama pihak kabupaten/kota. 

"Pemerintah provinsi tidak punya wilayah, sehingga dalam menyusun rencana kerja perlu mendapatkan masukan, lalu disesuaikan dengan anggaran," saran Kadiskominfo Sudarman saat membuka Rakor Diskominfo se Babel, di Manggar, Belitung Timur, Rabu (13/2/2019).

Sebanyak 35 peserta dari Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten kota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti rakor tersebut. Rakor ini diharapkan menghasilkan suatu kesepakatan demi percepatan kemajuan di bidang teknologi informasi.

Hal tersebut merupakan bagian formulasi menjalankan pekerjaan di Diskominfo. Kadiskominfo Sudarman menjelaskan, selain menangani teknologi dan informasi masih banyak tugas lain. Sebab persandian dan statistik juga menjadi bagian Diskominfo.

Sementara untuk menangani sejumlah pekerjaan ini masih kekurangan SDM. Selain itu, jelas Kadiskominfo Sudarman, semuanya membutuhkan regulasi, aturan hukum serta perangkat lebih baik guna mendukung dalam bekerja. Hal ini tergantung dengan anggaran.

"Kita membutuhkan biaya besar, sementara anggaran hanya 0,6 persen dari APBD. Setidaknya perlu sekitar satu persen dari APBD untuk percepatan menuju industri 4.0, karena semua sudah mengarah ke sana," kata Kadiskominfo Sudarman.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Yusrizal
Editor: 
Padli