Penduduk Modal Utama Pembangunan

Pangkalan Baru - Penduduk merupakan salah satu modal utama dalam Pembangunan, perkembangan dan pertumbuhan Penduduk dipengaruhi tiga hal, yaitu Kelahiran, Kematian dan Migrasi, Pertumbuhan dan perkembangan dapat dilihat dari jumlah Penduduk yang mendiami Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2011 sekitar 1.261.737 orang dan pada tahun 2012 terus meningkat mejadi 1.298.168 orang.

Iskandar Zulkarnain Asisten II setda Provinsi Kepulauan bangka Belitung, menjelaskan bahwa Pembangunan manusia merupakan Paradigma pembangunan yang menempatkan manusia menjadi focus serta sasaran utama dalam seluruh tujuan pembangunan, menurutnya pembangunan manusia mempunyai batasan pengertian yang lebih luas dibandingkan dengan pembangunan ekonomi,menurutnya tujuan pembangunan manusia bukan hanya untuk meningkatkan pendapatan penduduk, melainkan diarahkan kepada Tercapainya produktifits  serta diikuti dengan pemerataan, kesinambungan pembedayaan,ujarnya, selasa (7/05/2013) saat membuka acara Workshop Penentuan Tema PHDR, di hotel aston Soll Marina, Pangkalan Baru, Bangka Tengah.

Workshop Penentuan Tema PHDR Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diikuti peserta yang terdiri dari instansi di Provinsi kepulaun Bangka Belitung, adapun narasumber dalam workshop terdiri dari, Budiati Prasetiamarti selaku Proggamme Manager UNDP Indonesia, Sharief Natanagara Deputi Penanggulangan Kemiskinan Bappenas yang juga selaku menangani MDGS, Harry Sedadyo selaku riset Leader dari UNDP Indonesia, Nazalyus Kepala Bappeda dan Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“indeks pembangunan manusia mencapai rata-rata sebuah Negara atau daerah dalam tiga dimensi dasar pembangunan manusia, yaitu pertama dimensi umur panjang dan sehat, kedua dimensi pengetahuan, sedangkan yang ketiga dimensi standar hidup layak”.

Ditambahkannya, bahwa penduduk menjadi sentral kegiataan pembangunan secara komprehensif yang mana seiring pelaksaannya pendpembangunan manusia dititik beratkan pada bidang pendidikan, kesehatan dan pendapatan yang nantinya akan berdampak ke pada peningkatan kualitas penduduk itu sendiri.

“kualitas manusia memiliki andil besar dalam menentukan keberhasilan pengelolaan pembangunan diwilayahnya, manusia adalah kekayaan bangsa yang sesungguhnya, tujuan utama pembangunan adalah menciptakan lingkungan yang memungkinkan masyarakat menikmati umur panjang, sehat dan menjalankan kehidupan yang produktif”,ungkapnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, indeks pembangunan manusia menjadi indicator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia yang dapat menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan dan pendidikan, menurutnya indeks pembangunan manusia daerah berperan penting sebagai indicator kajian progres pembangunan daerah,jelasnya.

Dengan diadakannya workshop ini semoga dapat terbangunnya koordinasi dan sinergi dalam perencanaan pembangunan di Provinsi kepulauan Bnagka Belitung, dapat menjadi langkah awal atas komitmen bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi kepulauan Bangka Belitung,harapnya. (adit)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adit