Peningkatan Kapasitas SDM Menjadi Prioritas Pemerintah Dalam Menghadapi Bonus Demografi

PANGKALPINANG - Wakil gubernur kepulauan bangka belitung, Abdul Fatah mengungkapkan penanganan permasalahan kependudukan dalam konteks bonus demografi perlu adanya sinergitas dan penanganan secara holistik.

" Kita (red : Pemerintah) perlu menyiapkan kebijakan yang tepat dan holistik dalam penanganan bonus demografi" ungkap Wagub Abdul Fatah dalam kegiatan program kependudukan,KB dan pembangunan keluarga tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh BKKBN wilayah Bangka Belitung pada Kamis (15/8) di Sun Hotel Pangkalpinang.

Dalam konteks bonus demografi, salah satu persoalan yang rentan terjadi adalah terkait dimana kondisi penyerapan angkatan kerja usia produktif belum optimal.   Untuk itu, Wagub menegaskan peningkatan kapasitas SDM adalah satu upaya yang menjadi program prioritas pemerintah dalam menyelesaikan persoalan bonus demografi.

"Secara nasional arah kebijakan pemerintah pusat maupun daerah dalam penanganan bonus demografi adalah dengan menetapkan peningkatan kapasitas SDM sebagai program prioritas pemerintah" papar Wagub.

Wagub menambahkan adapun upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kapasitas SDM adalah dengan meningkatkan indeks pembangunan manusia yang menitikberatkan pada sektor pendidikan, kesehatan dan sektor lainnya.

" Strategi pemerintah untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam konteks menghadapi bonus demografi adalah dengan mempersiapkan masyarakat yang sehat, cerdas, dan kemudian kompetitif, inilah yang harusnya kita ( red: pemerintah) terus upayakan" tegas Wagub.

Wagub juga menjelaskan bahwa persoalan lain dalam konteks bonus demografi yang perlu dicermati dan ditangani secara tepat adalah mengenai upaya pengendalian laju pertumbuhan penduduk, dimana satu langkah penanganannya adalah melalui penyelenggaraan keluarga berencana.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani