Penting Deteksi Kanker Sejak Dini

Pangkalpinang – Permasalahan kanker menjadi penyebab 7,6 juta kematian di dunia tahun 2008. Jika upaya pengendalian tidak sesuai, diperkirakan menjadi penyebab kematian 13,1 juta manusia di Indonesia pada tahun 2030 mendatang. Penting pendeteksiaan dini kanker, khususnya kanker leher rahim pada wanita.

Demikian disampaikan Eva Lusi Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular dan tidak Menular Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat Sosialisasi Penyakit yang Dapat Dicegah Pada Balita dan Lansia Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Hotel Puncak, Pangkalpinang, Rabu (29/4/2015).

"Penting pendeteksiaan dini kanker, khususnya kanker leher rahim pada wanita. Dengan pendeteksian dini, kita sudah mengetahui kesehatan ibu. Jika sedini mungkin, kita mengetahui ibu yang menderita kanker secepat mungkin untuk diobati," ungkapnya.

Ia menambahkan, melakukan pendeteksian dini penyakit kanker bisa menambah harapan hidup. Selain itu bisa langsung diobati sebelum tahapan kanker menjadi stadium lanjut atau menjadi tingkat yang berbahaya. Sebab segala penyakit jika tidak diketahui atau dideteksi lebih dini, sangat berbahaya termasuk kanker leher rahim.

Gejala awal penyakit tersebut tidak berpengaruh kepada penderita. Menurutnya, pertumbuhan kanker leher rahim ini sangat lambat, namun jika dibiarkan terus menerus akan sangat berbahaya. Sosialisasi ini penting agar ibu atau perempuan, khususnya bagi yang sudah menikah dan berusia 30 hingga 50 tahun.

Sosialisasi seperti ini bisa mencegah secara dini penyakit kanker rahim. Lebih jauh ia menjelaskan, ada vaksin yang akan diberikan pada anak usia muda yakni dari usia sembilan tahun sampai perempuan berusia 55 tahun. Pemberian vaksin dengan tahapan-tahapannya. “Vaksin untuk ibu-ibu akan lebih bermanfaat dan efektif," ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Chandra
Fotografer: 
Chandra
Editor: 
Huzari