Perahu Kater Ikon Beltim

Lomba perahu kater yang diikuti civitas masyarakat nelayan Belitung Timur (Beltim) diharapkan bisa menjadi ikon pariwisata daerah tersebut dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada umumnya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi menyampaikan hal itu ketika membuka lomba perahu kater tradisional yang berlangsung Pantai Serdang Kabupaten Belitung, (12/4).

Rustam menyampaikan perasaan bangganya kepada masyarakat setempat yang masih membudayakan perahu tradisional untuk menunjang mata pencaharian mereka sebagai nelayan. Apalagi, di era modern sekarang ini teknologi kapal maupun peralatan tangkap sudah semakin canggih.

"Kita berterima kasih kepada para nelayan. Saya mengajak seluruh nelayan di Bangka Belitung dapat melestarikan perahu-perahu tradisional walaupun nantinya kita akan berusaha akan lebih baik lagi," katanya.

Lebih lanjut Rustam mengatakan di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, kalau tidak bisa mempertahankan dan melestarikan kebudayaan dengan baik, tidak menutup kemungkinan perahu kater di kabupaten Belitung Timur akan punah dan hanya tinggal cerita buat anak cucu kita, di masa yang akan datang.

Pada kesempatan tersebut, Rustam juga mengharapkan lomba perahu kater ini akan menjadi agenda rutin di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk terus dipertahankan sebagai olahraga unggulan di provinsi yang kita banggakan ini. "Saya juga berharap lomba ini diikuti oleh seluruh nelayan di kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," tuturnya.

Sunardi Ketua Pelaksana Kegiatan Lomba Perahu Kater menambahkan kegiatan ini diikuti oleh 36 perahu kater, dengan  anggaran dari Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. "Kegiatannya selama tiga hari, dari 11 sampai dengan 13 April," tambahnya. (MMS/ WW/ Humas)

Sumber: 
Humas Prov. Kep. Babel
Penulis: 
Mislam Saripudin
Fotografer: 
Mislam Saripudin
Editor: 
Rizky