Percepat Pengerjaan Proyek Infrastruktur

Pangkalpinang – Cari solusi terhambatnya pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur. Kemudian selalu bertindak tepat untuk mencapai sasaran progress 93 persen dengan memperhatikan standar kualitas dan proses yang dapat dipertanggungjawabkan. Tak hanya itu, sebab perlu juga memperhatikan standar keselamatan dan keamanan.

“Terbangunnya infrastruktur memberikan kontribusi besar dalam mewujudkan pemenuhan hak dasar rakyat,” kata Budiman Ginting Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat membacakan sambutan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada peringatan Hari Bakti ke-70 PU, di halaman Kantor PU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (3/12/2015).

Peringatan hari Bakti kali ini mengusung tema ‘Bangun Infrastruktur untuk Negeri’. Sebagaimana diketahui, tanggal 3 Desember 1945, tepat 70 tahun lalu telah gugur tujuh pegawai PU dalam mempertahankan Kantor Pusat Departemen Perhubungan dan Pekerjaan Umum. Saat itu kantor berkedudukan di Gedung Sate, Bandung.

Tujuh pemuda pejuang tersebut yaitu, Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono. Kenangan dan penghargaan terhadap patriotisme tujuh pemuda pemberani ini lalu dikenal sebagai Sapta Taruna. Selanjutnya diabadikan sebagai Hari Bakti Pekerjaan Umum, yang diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Nilai-nilai dedikasi, tanggung jawab dan keberanian pemuda tersebut, kata Budiman, menjadi inspirasi untuk melaksanakan tugas walau dalam kondisi sesulit apapun. Terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui infrastruktur PUPR. Terbangunnya infrastruktur juga menjadi faktor produksi, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Pembangunan juga turut berkontribusi dalam pengembangan wilayah melalui pusat-pusat pertumbuhan baru. Selain itu turut menciptakan lapangan kerja dan usaha,” jelasnya.

Hari Bakti PU juga diwujudkan dengan memberikan bantuan kepada pemerintah kabupaten dan kota. Kali ini, Kabupaten Bangka, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang mendapatkan bantuan berupa satu unit alat berat buldoser. Selain itu sebanyak 40 anak yatim dan piatu mendapatkan santunan dana.

Melalui momentum ini, Menteri ingin mengajak seluruh jajaran Kementerian PUPR untuk memikirkan kembali apa yang sudah dan sedang dilakukan. Selanjutnya merumuskan langkah ke depan dalam membangun infrastruktur ke-PUPR-an dengan semangat juang Sapta Taruna.

“Peran Kementerian PUPR untuk mewujudkan infrastruktur yang handal di dalam membangun Indonesia menjadi sangat strategis. Karena ketika kita membangun infrastruktur, sesungguhnya kita sedang membangun bangsa,” tegasnya. 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Rizky Fitrajaya