Peresmian Gedung Baru UPT DPPKAD Provinsi dan Samsat Keliling, Bayar Pajak Gak Perlu Pusing!

Sungailiat – Pagi hari ini 28 Januari 2014, akhirnya gedung kantor UPT DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung wilayah Kabupaten Bangka dan Samsat Sungailiat diresmikan. Kantor yang berada di Jalur Dua Sungailiat ini tampak ramai di hadiri para tamu undangan. Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi, Kepala DPPKAD Yulizar Adnan, Dirlantas Polda Ai Afriandi dan para jajaran Kepala SKPD di Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Peresmian gedung UPT DPPKAD ini dibuka oleh sambutan dari Kepala DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yulizar Adnan. Dimana Ia menyampaikan bahwa bangunan seluas 2630m2 tersebut, menelan biaya sebesar 5M dengan dana APBD 2013. Bangunan tersebut sudah selesai pada tahun 2012 tetapi belum sempat diresmikan oleh Gubernur terdahulu Eko Maulana Ali, dan baru pada hari ini sempat dilaksanakan peresmiannya. Selain acara peresmian gedung, pada hari ini juga dilaksanakan acara penandatanganan MOU Samsat Online dan Samsat Keliling.

“Kita memiliki 2 mobil samsat keliling, yang pertama di samsat Sungailiat, dan yang kedua di Samsat Belitung. Ini sebenarnya masih kurang, karena idealnya setiap Samsat memiliki satu buah mobil Samsat keliling. Mobil ini digunakan untuk menjemput bola ke kampung-kampung untuk melayani yang wajib pajak tetapi belum sempat untuk hadir dan membayar pajak ke kantor samsat,” Ujar Yulizar saat menyampaikan sambutannya.

Kemudian Ia menambahkan, “Mobil-mobil ini tersambung dengan internet, sehingga secara teknis bisa selalu online dimanapun berada selama ada jaringan internet, dimana wajib pajak bisa membayar pajak kapan pun dan dimanapun.”

Dengan hadirnya gedung baru dan juga pelayanan Samsat Online dan Samsat keliling, akan sangat bermanfaat bagi kelancaran pelayanan terhadap masyarakat. Dengan Samsat keliling yang nantinya secara periodik parkir di wilayah Belinyu. Sehingga masyarakat di Belinyu tidak perlu lagi membayar pajak ke kantor Samsat di Sungailiat. Hal ini memudahkan masyarakat di desa-desa tidak perlu pusing membayar pajak.

Seperti yang diketahui bahwa pajak, termasuk pajak daerah masih merupakan sumber pendapatan yang besar untuk menopang pembiayaan dan pembangunan. DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui seluruh UPT yang ada, telah berupaya untuk melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber pendapatan daerah.

Selanjutnya, Gubernur pun dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas upaya dan usaha yang telah diberikan selama ini kepada Kepala DPPKAD, PPTK dan juga seluruh pejabat yang terkait dalam pembangunan. Dan semoga tetap dapat ditingkatkan dimasa mendatang.

“Semoga gedung baru yang segera diresmikan ini dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.” harap Gubernur saat mengakhiri sambutannya. (K5/RF/ADT/TMC)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo | Rizky
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Khalimo