Peresmian Terminal Bandara ‘Kado’ HUT Babel

Pangkalan Baru – Diperkirakan sebelum peringatan hari pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 21 November mendatang, terminal Bandara Depati Amir sudah bisa diresmikan. Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) RI merasa prihatin terjadi keterlambatan peresmian bandara tersebut. Diharapkan kontraktor kali ini bisa menyelesaikan pembangunan dengan cepat.

“Pengerjaan sekarang ini sudah ditangani PT Brantas Abipraya. Konstruksi bangunan diperkirakan selesai di minggu kedua November. Harapannya, pada saat ulang tahun provinsi sudah bisa digunakan,” kata Budi saat melakukan kunjungan ke Terminal Bandara Depati Amir, Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (2/9/2016).

Saat berada di lokasi, Menhub yang baru dilantik 27 Juli 2016 lalu ini sempat terganggu dengan bunyi mesin tambang inkonvensional yang beroperasi di sekitar kawasan bandara. Menhub minta agar kegiatan penambangan segera dihentikan. Menjawab keinginan menteri tersebut, Irwansyah Wali Kota Pangkalpinang menjelaskan wilayah itu tidak masuk Kota Pangkalpinang.

Sebagaimana diketahui, Budi mempunyai catatan sejarah bagus dalam menuntaskan pekerjaan. Setelah berhasil menjalankan pembangunan Jaya Ancol, pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan 18 Desember 1956 tersebut dipercaya memimpin PT Angkasa Pura II. Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno Hatta merupakan karya terakhirnya sebelum menjabat sebagai Menhub.

Ketika ditanya mengenai janji kepastian peresmian Bandara Depati Amir, Budi hanya berserah kepada Allah SWT. Menurutnya, semua itu tergantung dengan izin Allah SWT. Sedangkan mengenai Instrument Landing System (ILS) bandara akan segera diperbaiki dan difungsikan. “Untuk melakukan perbaikan sistem tersebut tidak membutuhkan waktu lama,” tegasnya.

Menyinggung pembangunan Bandara Hanandjoeddin Belitung sebagai bandara internasional, Menhub menjelaskan, sudah ada kesepakatan antara kementerian dengan pemda provinsi dan kabupaten setempat. Sementara ini pemerintah daerah akan melakukan pengurukan di lokasi bandara. Proses pengurukan itu diperkirakan selesai akhir tahun 2017.

“Selanjutnya, Kementerian Perhubungan melakukan pembangunan –landas pacu– bandara menjadi 2500 meter. Setelah dimulai pembangunan, kemungkinan pada pertengahan tahun 2018 bandara sudah selesai dikerjakan,” jelas Budi.

Yan Megawandi Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyambut baik target Menhub untuk segera menyelesaikan pembangunan Bandara Depati Amir sebelum HUT ke 16 Bangka Belitung. Sesuai pernyataan Menteri Perhubungan, jelasnya, pengoperasian bandara sudah bisa dilakukan pada minggu ketiga November. Ini menjadi bagian hadiah HUT Bangka Belitung.

Menhub telah mendiskusikan mengenai percepatan pembangunan itu dengan pihak kontraktor, PT Angkasa Pura II Bangka Belitung dan Kepala Dinas PU Bangka Belitung. Sekda menjelaskan, walaupun Dinas PU Bangka Belitung bukan yang mengerjakan pembangunan, namun secara teknik sipil bisa memberikan masukan.

“Jika dinilai dari teknik sipil, target yang ditetapkan Menhub tersebut masih memungkinkan. Pengoperasional bandara ini sudah beberapa kali mundur. Kalau memungkinkan, peresmian nantinya bisa dilakukan pejabat tertinggi di republik ini,” harapnya.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Rizky Fitrajaya/Huzari
Fotografer: 
Rizky Fitrajaya
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra