Peringatan Hari Ibu, Wagub Abdul Fatah Titip Pesan Ini

PANGKALPINANG -- Abdul Fatah Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menekankan mengenai peran penting perempuan dalam proses pembangunan. Sebab derajat dan kesempatan perempuan untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan sama dengan laki-laki.

Peringatan Hari Ibu (PHI) bertema 'Perempuan Berdaya Indonesia Maju' ingin menunjukan arti penting perempuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Wagub Abdul Fatah menambahkan, momentum ini kembali mengingatkan gerak perempuan dalam perjuangan meningkatkan derajat kehidupan.

"Hari ini kita mengingat perjuangan kaum perempuan untuk mendapatkan derajat yang sama dengan laki-laki," kata Wagub Abdul Fatah saat Upacara Peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 di Halaman Kantor Gubernur, Kamis (26/12/2019).

Selain berperan penting dalam pembangunan, perempuan juga mempunyai peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Saat peringatan hari ibu kali ini banyak terdapat stand UMKM yang dikelola kaum perempuan. Ini menjadi bukti perempuan mampu berbuat sama dengan kaum laki-laki.

Menurut Wagub Abdul Fatah, perempuan telah ikut mewujudkan kemerdekaan yang penuh dengan ketenteraman, keadilan dan kemakmuran. Kongres pertama perempuan tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta disepakati sebagai peringatan hari ibu.

Ini merupakan momentum penting bagi pemangku kepentingan untuk memberikan eksistensi bagi perempuan. Wagub Abdul Fatah meyakinkan perempuan mampu meningkatkan kualitas hidup dan potensi untuk menjadi  penggerak dan agen perubahan.

"Ini sebagai tonggak sejarah bangsa. Selain diperingati di Indonesia, hari ibu juga diperingati di luar negeri. Perempuan harus aktif, sebab punya akses yang sama dengan kaum laki-laki. Berikan perlindungan bagi kaum perempuan," pesan Wagub Abdul Fatah.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari/suci
Fotografer: 
Rafiq