Peringatan HSP ke 87 di Babel Sukses

Baskara Bakti – Sinergisitas dan koordinasi yang baik telah dibangun Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam penyelenggaraan Hari Sumpah Pemuda ke 87 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan yang diikuti oleh pengurus KNPI se Indonesia dan Organisasi Kepemudaan (OKP) yang dilaksanakan selama tiga hari, sejak tanggal 26-28 Oktober terbilang sukses.

“Saya cukup puas bekerjasama dengan KNPI juga beberapa pihak terkait hingga terselenggaranya kegiatan ini dan berjalan lancar," ungkap Zuardi Kepala Bidang Pengembangan Pemberdayaan dan Kepemimpinan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat diwawancara tim babelprov di Pantai Keranji Desa Baskara Bakti, Rabu (28/10/2015).

Serangkaian kegiatan seperti memberi santunan anak yatim, pelaksanaan Konser Dambus dalam pemecahan rekor MURI, penanaman Mangrove merupakan partisipatif nyata dari pemuda.

“Saya sangat mengapresiasikan kegiatan-kegiatan seperti ini, pemuda harusnya semangat seperti ini”, ungkapnya.

Selain itu Zuardi sangat mengharapkan revolusi mental pemuda di Bangka Belitung, baik kepedulian terhadap kondisi lingkungan, melestarikan dengan melakukan penghijauan di daerah sekitarnya.

“Penanaman 870 batang Mangrove ini merupakan aksi nyata pemuda mencintai lingkungan, apalagi daerah kita sekarang dilanda kabut asap yang parah”, ujarnya.

Lebih jauh Zuardi mengharapkan peran aktif pemuda di Bangka Belitung dinilai cukup partsipatif. Mengingat fenomena pemuda saat ini dalam menghadapi era Globalisasi cukup mengkhawatirkan. Pada tahun 2016 Dinas Pemuda dan Olahraga akan mendorong pemuda untuk lebih aktif.

“Kita akan dorong kesadaran bela negara, latihan kepemimpinan untuk membentuk karakter pemuda dalam bermasyarakat”, tutupnya.

Selain itu nanti malam akan digelar Gebyar Pemuda yang akan dilaksanakan di Alun-alun Taman Merdeka pada jam 19.30 WIB sekaligus penutup rangkaian kegiatan HSP ke 87. Dimana akan dilakukan pemberian penghargaan kepada pemuda Bangka Belitung yang yang berprestasi baik di kancah Nasional maupun Internasional.

Penghargaan tersebut akan diberikan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Yendri juara Kontes Dangdut Indonesia (KDI) tahun 2014, M.Robby Saputra sebagai salah satu perwakilan Indonesia menghadiri dan menjadi pembicara di International Young Leaders Assembly (IYLA) 2015 di markas Persatuan Bangsa-Bangsa New York, Amerika Serikat 10-19 Agustus lalu, Rizman Adhi Nugraha orang pertama Indonesia dari Babel yang akan menjalankan misi ke luar angkasa (space camp) direncanakan dilaksanakan pada Januari 2016.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina Andini
Fotografer: 
Suci Lestari