Peringatan HSP Ke 87, KNPI Babel Gelar Donor Darah

Pangkalpinang - Pringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Bangka Belitung dinilai cukup baik. Salah satunya kegiatan donor darah di lantai I Kantor Gubernur, Rabu (28/10/15). 
 
Acara donor darah ini dihadiri Rustam Effendi, Gubernur Kep Babel, Didit Srigusjaya Ketua DPRD Babel, Ketua KNPI Babel berserta pengurus, dan para tamu undangan lainnya.
 
Bambang Patijaya, Ketua KNPI Provinsi Bangka Belitung mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian dari peringatan ke 87 HSP di Babel. Donor darah ini bisa diikuti seluruh pendonor, dan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena merupakan suatu kegiatan yang begitu mulia.
 
"Kegiatan donor darah ini adalah kegiatan yang mulia karena tidak semua orang dapat mendonorkan darahnya, termasuk saya. Karena kemarin saya baru saja minum obat flu," ungkapnya.
 
Lebih jauh Bambang mengatakan bahwa pada kegiatan donor darah ini KNPI tidak memiliki target pendonor darah. Berapa banyak jumlah darah yang akan didapatkan nantinya itu sudah lebih dari cukup dan yang penting pemuda bisa terlibat.
 
Keterlibatan pemuda tidak hanya pada kegiatan donor darah ini, namun secara keseluruhan. Bambang berharap kepada pemuda pemudi Bangka Belitung untuk terus berkarya dan bekerja keras. Disaat ekonomi Bangka Belitung sedang menurun, pemuda pemudi diharapkan dapat mencari cara-cara yang bermanfaat untuk diri mereka dan orang lain dengan tidak menjadi pengangguran.
 
Saat disinggung tentang pelaksaan HSP di Babel ini, Bambang mengatakan hingga saat ini seluruh rangkaian kegiatan peringatan HSP berjalan cukup lancar, termasuk kegiatan donor darah ini. Menurutnya, jika dalam pelaksanaanya terdapat hal-hal yang kurang maksimal itu hanya dinamika saja.
 
"Hingga saat ini seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda berjalan cukup lancar, walaupun dalam pelaksanaanya terdapat hal-hal yang kurang maksimal itu hanya dinamika saja.
 
Pada saat donor darah ini, Didit Srigusjaya Ketua DPRD Babel menyempatkan diri meninjau pelaksanaanya, dan dirinya berniat ingin melakukan donor darah. Namun hal tidak bisa dilakukannya, karena dirinya baru saja selesai opname dan itu tidak diperbolehkan tim medis.
 
"Saya sudah berniat baik untuk melakukan donor darah, tapi oleh tim teknis saya belum diperbolehkan karena dua minggu yang lalu saya baru selesai opname," ungkapnya.
 
Sementara, Saiful (22) Mahasiswa STAIN yang ikut berpartisipasi dalam donor darah mengatakan bahwa dirinya sudah tujuh kali melakukan donor darah hingga saat ini. Menurutnya, kegiatan donor darah ini sangat bermanfaat dan berguna untuk orang lain. Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, Saiful berpesan kepada pemuda pemudi khususnya yang ada di Bangka Belitung untuk tetap bersemangat karena menurutnya pemuda pemudi adalah harapan bangsa. Pemuda pemudi juga diharapkan untuk lebih giat lagi dalam pembangunan.
 
Dikesempatan yang sama Mariati, salah satu pendonor mengatakan mempunyai harapan yang tinggi terhadap pemuda khususnya pemuda di Bangka Belitung. Menurutnya, pemuda harus pinter bergaul, tidak mengkonsumsi obat-obatan bahkan narkoba", ungkapnya
 
Mariati yang kesehariannya bertugas di Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak (BPPKBPA) sudah melakukan donor sebanyak 6 kali.
 
"Pemuda harus berperan aktif, mengutamakan prestasi, dapat berkontribusi di bidang pemerintahan dan bidang lainnya.
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina Andini/Suci Lestari
Fotografer: 
Fajrina Andini